Sukses

Lifestyle

Merdeka! Sebarkan Semangat 45, Kakek Ini Lari 12 Jam Nonstop

Hari ini adalah hari kemerdekaan Indonesia. Momen bersejarah yang membuka lembaran baru setelah dijajah. Indonesia menemui titik balik, di mana pada akhirnya berdiri sendiri dan berdaulat. Upacara 17 Agustus setiap tahun rutin diselenggarakan di sekolah-sekolah, instansi dan banyak tempat lainnya. Upacara sebagai salah satu momen penghormatan terhadap kemerdekaan, dan mengenang jasa para pahlawan.

Rupanya membakar semangat untuk terus berjuang seperti pahlawan yang pantang menyerah dikobarkan dengan cara yang berbeda-beda ladies. Kakek satu ini ingin menyalakan semangat 45 para pemuda dengan melakukan aksi berlari keliling Alun-Alun Solo, Jawa Tengah selama 12 jam nonstop. Sutarman, kakek berusia 70 tahun dan tinggal di Jogosuran, Pasarkliwon ini melakukan lari kecil dan jalan cepat tanpa berhenti.

Sutarman (tengah) | (c) merdeka.com

Ketika ditanyai maksud dari aksinya ini, Sutarman mengatakan bahwa dirinya ingin menghormati 17 Agustus dengan caranya sendiri dan ingin menyalakan semangat pemuda masa kini. "Semangat 45 ini untuk memberikan semangat, contoh pada kaum muda, agar mau bekerja keras, mengabdi pada nusa dan bangsa. Kalau enggak punya semangat, saya enggak akan kuat jalan," ujar Sutarman, dikutip dari merdeka.com.

Walau sudah berusia lanjut, bukan berarti Sutarman tidak mampu untuk melakukan aksi ini lho! Ditemani oleh salah seorang keluarganya, Sutarman berlari dan berjalan cepat tanpa kendala, dengan kondisi tubuh yang prima. Sutarman juga mengajak yang sedang berada di Alun-Alun atau melintas di sana. "Hooi, ayo melu aku mubeng (ayo ikut saya keliling) alkid (alun-alun kidul). Mumpung sesuk (besok) hari merdeka," teriak Sutarman lantang. Bagi kakek 7 orang cucu ini, sudah berusia senja bukan berarti tidak lagi punya semangat untuk berkarya.

Kemerdekaan adalah hak setiap orang, dan kemerdekaan Indonesia adalah bukti bahwa bila mau berusaha, kekangan bisa dilepaskan, sekuat apapun kekangan itu menjerat. Dirgahayu Indonesia, sudahkah Anda hormat pada Bendera Merah Putih hari ini?

BACA JUGA

Jahat Sekali, Pria Ini Siram Tetangganya Dengan Air Keras

Teganya Engkau Menyakitiku Hingga Membuatku Tak Bernyawa Lagi

Cuma di Jepang, Anda Bisa Beli Bra Pakai Vending Machine

Usiaku Baru 14 Tahun Tapi Mereka Tega Menodaiku Hingga Hamil

Merasakan Dingin dan 'Salju' di Dataran Tinggi Dieng

Hobi Shopping Bikin Kesepian, Kok Bisa ya?

Gadis Cantik Lompat Dari Gedung Setelah Bertengkar Dengan Pacarnya

(vem/sya)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading