Sukses

Lifestyle

10 Phobia Paling Aneh di Dunia

Phobia berbeda dengan ketakutan biasa. Phobia juga melebih rasa ngeri yang terkadang terlihat berlebihan namun benar-benar membuat orang ketakutan. Ada sekian banyak jenis phobia di dunia ini, mulai dari phobia ketinggian, phobia ruang sempit, phobia kegelapan, dan lain sebagainya.

Tak sedikit pula orang yang mengalami phobia, dan ada yang sampai menempuh konseling untuk mengatasinya.

Di antara sekian banyak phobia, mungkin Anda akan merasa aneh dengan phobia yang akan kami bahas singkat berikut ini. Dikutip dari listverse, ternyata ada 10 jenis phobia unik yang terkadang ditemui di sekeliling Anda.

Agyrophobia, phobia jalan layang

Orang yang mengalami Agyrophobia adalah mereka yang phobia melihat atau melewati jalan layang. Ia akan merasa tegang dan ketakutan melewati jalan layang apalagi yang sampai rumit seperti di kota-kota besar.

Mageirocophobia, phobia memasak

Phobia aneh yang satu ini memang agak lucu. Mageirocophobia adalah phobia memasak. Berasal dari istilah Yunani mageirokos yang berarti orang yang piawai memasak.

Phobia ini membuat orang ketakutan sendiri saat berada di dapur dan enggan makan sendirian. Ia merasa terintimidasi di dalam diri dan merasa bersalah karena tak bisa memasak.

Pediophobia, phobia pada boneka

Tak hanya phobia pada boneka yang wujudnya menyeramkan, orang yang mengalami phobia ini bisa takut akan semua jenis boneka. Termasuk saat ia melihat robot, manekin, atau boneka beruang yang lucu.

Deiphnophobia, phobia ngobrol makan malam

Apabila ada seseorang yang merasa takut akan momen mengobrol saat makan malam, maka ia mengalami deipnophobia. Ia akan berusaha terlihat sibuk sendiri dan gugup dengan peralatan makannya. Dalam benaknya ia takut bahwa akan salah berbicara atau salah menjalankan etiket makan.

Eisoptrophobia, phobia akan cermin

Apabila biasanya melihat cermin orang akan menengok, berbeda dengan orang yang mengalami eisoptrophobia. Mereka justru merasa risih, tak nyaman, dan merasa takut pada cermin. Bahkan beberapa di antaranya percaya bahwa cermin membawa efek buruk pada hidupnya, dengan melihat cermin maka ia akan mengalami kesialan. Ada pula yang phobia pada cermin, karena ia takut akan melihat sosok-sosok yang tak dapat dilihat secara kasat mata.

Demonophobia, phobia akan hantu

Orang yang mengalami Demonophobia biasanya akan hidup selalu ketakutan. Ia akan tegang ketika mendengar suara-suara misterius dan berhubungan dengan hantu. Ia akan menghubungkan semua hal yang ditemuinya dengan hal-hal mistis, sehingga tak pernah hidup damai. Bahkan, percaya atau tidak ia akan menempuh segala macam cara untuk memasang banyak pelindung di rumah ataupun pada tubuhnya, yang dapat membantu mengusir setan.

Pentheraphobia, phobia mertua

Hayo siapa yang ternyata mengalami phobia jenis ini? Pentheraphobia adalah phobia pada mertua dan biasanya dialami oleh menantu yang punya mertua yang hanya ditemui beberapa kali dan cukup galak.

Phobia ini biasanya membuat seseorang membayangkan bahwa mertuanya akan bersikap tidak suka, galak, tidak ramah atau bahkan mengganggu rumah tangganya. Dan ia juga takut bahwa mertuanya akan menyiksanya serta menyia-nyiakan dirinya sebagai menantu. Sinetron banget ya?

Arachibutyrophobia, phobia pada selai kacang

Mereka yang mengalami phobia unik ini akan merasa takut pada selai kacang, dan terkadang pada selai-selai sejenisnya. Phobia ini meliputi ketakutan saat melihat selai kacang atau saat makan selai kacang. Seketika ia akan terlihat panik dan berusaha kabur menghindar.

Cathisophobia, phobia duduk

Cathisophobia atau Kathisophobia adalah phobia duduk di kursi. Saking takutnya ia akan memilih untuk berdiri saja hingga lelah. Phobia ini kemungkinan dialami oleh mereka yang pernah trauma karena dibully di sekolah atau dihukum di kursi sekolah. Umumnya, saat dipaksa duduk ia akan gugup, berkeringat dingin, serta sulit bernafas.

Automatonophobia, phobia boneka suara perut

Pernah melihat boneka Susan atau Tongki? Iya, boneka-boneka tersebut bisa berbicara karena diisi oleh suara perut orang yang menggerakkannya. Phobia automatonophobia adalah phobia pada boneka suara perut tersebut.

Pernahkah Anda menjumpai aneka phobia lainnya? Mari share di sini yuk. [initial]

BACA JUGA:

Tren Aneh, Pria Jepang Suka Pakai Bra

Astaga, Mayat Istri Dijadikan Meja Ruang Tamu

7 Perawatan Kecantikan Aneh Dan Ekstrim Wanita Masa Lalu

Wow.. Puasa Ramadan di Luar Negeri Bisa Sampai 20 Jam

Di Pantai Ini, Pesawat Terbang di Atas Kepala!

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading