Sukses

Lifestyle

Misteri Bola Api Mistis, Yang Melihatnya Akan Meninggal, Percaya?

Pernahkah Anda mendengar bola api kematian, bola api orang mati atau cahaya hantu? Di negara lain, fenomena misterius ini diberi nama Corpse Candle, Will O The Wips, Jack O Lantern dan sebagainya. Bahkan di Indonesia, fenomena ini disebut Banaspati. Cahaya misterius ini sering dikaitkan dengan arwah atau kematian seseorang. Benarkan demikian?

 

Jika Anda pernah menonton film Brave, ada banyak adegan dimana Putri Merida bertemu dengan cahaya kebiruan saat berkunjung di hutan. Sinar biru itu melayang lembut dan muncul beberapa banyak, seolah menjadi penuntun. Itulah gambaran bola api kematian, dia sering muncul di rawa-rawa, danau atau pemakaman tua. Orang-orang terdahulu mengaitkan munculnya bola api tersebut sebagai jelmaan orang yang sudah meninggal atau gangguan yang berhubungan dengan sisi mistis.

tumblr

(c) brave tumblr

Dihubungkan Dengan Bencana

Dengan nama yang berbeda di setiap negara, kemunculan cahaya misterius yang melayang rendah selalu dikaitkan dengan dunia lain. Di Amerika Selatan, warga lokal percaya bahwa seseorang yang melihat cahaya putih mengambang di atas tanah sebaiknya menjauh agar terhindar dari sakit dan kemalangan. Di India, cahaya aneh mirip lentera dipercaya dapat menghilangkan kesadaran para nelayan. Nelayan yang melihat cahaya tersebut seringkali meninggal saat melaut.

Di Indonesia sendiri, fenomena cahaya misterius disebut Banaspati. Diyakini, Banaspati adalah makhluk gaib yang menyerupai api. Makhluk ini juga dipercaya dapat menghisap darah manusia. Benar tidaknya fenomena ini, memang benar bahwa seringkali muncul cahaya-cahaya 'unik' di rawa, danau, hutan, kuburan atau area persawahan.

fc00.deviantart

(c) fc00.deviantart

Muncul Karena Reaksi Kimia

Di luar hubungan mistis yang beredar, para ahli menjelaskan bahwa fenomena munculnya cahaya warna-warni di daerah terbuka disebabkan karena reaksi kimia. Ada yang disebut Bioluminescence atau fenomena cahaya yang disebabkan oleh hewan dan mikroorganiseme tertentu, ada juga yang disebut Chemiluminescence atau cahaya yang muncul karena reaksi kimia alami.

Lalu bagaimana cahaya misterius itu bisa membunuh atau membuat sakit. Belum ada penjelasan resmi yang menjabarkan, tetapi hal ini dikaitkan dengan kepercayaan seseorang. Saat seseorang percaya bahwa dia akan sakit setelah melihat sesuatu, maka itu seperti hipnotis yang membuat tubuh benar-benar sakit.

Apakah Anda pernah bertemu cahaya misterius, ladies?

BACA JUGA:

Pria di Zimbabwe Hidup Kembali Saat Akan Dimakamkan

Kisah Wagini si Anak Genderuwo, Percayakah Anda?

Wajah Selebritis Ternyata Hasil 'Reinkarnasi' Masa Lalu

Terendam Banjir 25 Tahun, Kota Ini Jadi Kota Hantu

Berbagai Poster Iklan Jadul Yang Menyeramkan

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading