Sukses

Lifestyle

Kembang Kantil Dalam Tradisi Pernikahan Adat Jawa

Ladies, hari ini film Kembang Kantil mulai tayang di Bioskop. Film yang dibintangi oleh Irish Bella dan Nafa Urbach ini memang bergenre horor. Tapi tahukah kamu makna dari kembang kantil? Kembang kantil atau bunga cempaka putih, konon disebut sebagai bunga yang memiliki unsur magis. Mitos yang berkembang di masyarakat, aroma bunga kantil yang khas sangat disukai oleh makhluk halus. Menurut mitos ini, sering menjadikan pohon kantil sebagai rumah tempat tinggalnya.

Well, terlepas dari mitos dari kembang kantil ternyata memiliki nilai tradisi yang erat bagi masyarakat Jawa. Kembang kantil biasa digunakan dalam tradisi pernikahan adat jawa. Kembang kantil ini biasa digunakan sebagai hiasan rambut, bagi pengantin pria maupun wanita.

Filosofi Kembang Kantil Dalam Pernikahan

Kembang kantil memiliki arti menggantung. Dalam bahasa jawa kantil atau kemantil-kantil yang artinya selalu ingat di manapun berada atau tetap mempunyai hubungan yang erat walaupun alamnya sudah berbeda. Filosofi inilah yang dipakai mengapa kembang kantil erat kaitannya dengan kelanggengan pernikahan.

Pasangan pengantin yang memakai kembang kantil diharapkan dapat bersama selamanya, meskipun berbeda dunia. Filosofi inilah yang menjadikan kebanggaan bagi masyarakat Jawa, dan salah satu bentuk apresiasinya adalah penghargaan dalam bentuk karya seni yang beragam seperti dalam ukiran, lukisan batik dan sebagainya.

Makna Mencuri Kembang Kantil

Ada tradisi Jawa yang mengatakan jika ingin segera bertemu dengan jodohnya, kamu yang masih single dapat mencuri kembang kantil pengantin. Mitosnya dengan 'mencuri' kembang kantil, maka yang single ini akan segera menikah. Well, namanya juga mencuri berarti mengambilnya harus diam-diam.

Banyak orang yang percaya hal ini dan mencoba untuk mengambil ujung bunga melati pengantin perempuan dengan diam-diam. Namun tak sedikit juga yang gagal karena ujung bunga melati atau kembang kantil ini dijalin dengan kuat dengan benang dalam satu rangkaian hiasan kepala. Fakta ini yang seringkali menangkal kebenaran mitos mencuri kembang kantil pengantin.

Selain, digunakan dalam prosesi pernikahan adat Jawa kembang kantil ternyata memiliki manfaat kesehatan. Bunga, batang, daun kantil (Michelia alba) mengandung alkaloid mikelarbina dan liriodenina yang mempunyai khasiat sebagai ekspektoran dan diuretik yang bermanfaat sebagai obat batuk.

Well, kalau sudah begini kembang kantil tidak jadi horor lagi kan? Bagaimana ladies menurut kamu tentang filosofi kembang kantil ini? Share yuk di kolom komentar.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading