Sukses

Lifestyle

Trik Mengatasi Saluran Air Tersumbat, Sederhana Tapi Wajib Tahu Caranya

Ladies pasti sudah familiar dengan tanda-tanda saluran air yang tersumbat. Mulai dari wastafel yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dikeringkan, air yang menggenang saat mandi, hingga bau tak sedap yang muncul dari saluran pembuangan yang tersumbat. Jangan dibiarkan begitu saja karena bisa berisiko pipa air tersumbat sepenuhnya, atau malah bocor.

Lewat beberapa trik sederhana ini, kamu bisa mengatasi saluran air yang tersumbat dengan mudah tanpa perlu membongkar sambungan pipa.

Pembersih Berbahan Kimia

Sejumlah produk berbahan kimia yang dijual di pasaran dapat membantu melonggarkan saluran pembuangan air. Produk ini bekerja dengan menghancurkan timbunan lemak dan kotoran yang menempel pada dinding pipa air dan memicu mampet. Jika pada percobaan pertama belum berhasil mengatasi masalah yang sering dialami pada wastafel kamar mandi atau dapur, ulangi dengan memakai alat untuk menyodok kotoran dalam pipa air.

Sabun Cuci Piring dan Air Panas

Buat yang memperhatikan keselamatan keluarga dan lingkungan, sebagian orang memilih bahan-bahan alami untuk mengatasi saluran pembuangan yang mampet. Salah satunya dengan menggunakan sabun cuci piring dan air panas, yang dapat menghilangkan sumbatan yang disebabkan oleh lemak atau minyak.

Tuang sedikit sabun cuci piring pada saluran pembuangan air, lalu tuangkan air mendidih untuk menghilangkan sumbatan berminyak di saluran pembuangan. Untuk mencegah masalah ini kembali terulang, lakukan setidaknya sekali dalam seminggu.

Baking Soda dan Cuka

Baking soda adalah zat basa sedangkan cuka putih asalah asam. Jika keduanya bercampur akan terjadi reaksi kimia yang akan membentuk gelembung dan ampuh menghilangkan sumbatan.

Caranya cukup mudah, Ladies. Tuangkan satu cangkir bubuk soda kue ke dalam saluran pembuangan yang mampet, diikuti dengan dua cangkir air mendidih dan diamkan beberapa menit. Tambahkan satu cangkir bubuk soda kue ke dalam pipa air dan ikuti dengan satu cangkir cuka yang akan menimbulkan buih dan gemuruh. Setelah hilang, bilas dengan dua cangkir air mendidih.

Membersihkan Secara Rutin

Penyumbatan pipa air, terutama di wastafel dapur dan kamar mandi, sering menyebabkan bau tak sedap. Hal ini disebabkan sisa makanan atau tumpukan rambut yang tersangkut di tengah pipa yang kemudian membusuk dan dijadikan sarang bakteri.

Untuk mencegah saluran air tersumbat terus berulang, bersihkan wastafel kamar mandi dan dapur secara rutin. Setiap seminggu sekali misalnya, hilangkan kotoran-kotoran yang dapat menghambat pembuangan air. Selain itu, jangan membuang segala sesuatu ke dalam lubang wastafel atau gunakan penyaring untuk menghadang sisa makanan hingga rambut.

Guna membuat saluran air yang lebih lancar dan bebas sumbatan, pastikan juga kamu sudah menggunakan pipa berkualitas seperti pipa PVC dari RUCIKA. Brand pipa yang satu ini memiliki berbagai jenis pipa yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan saluran air di rumah, mulai dari standard, JIS, Green, dan masih banyak lagi lainnya.

RUCIKA juga dikenal sebagai pipa yang tahan terhadap korosi, kuat, ringan, dan mudah dalam melakukan penyambungan serta pemeliharaan. Dengan harga pipa terjangkau tapi tetap memberikan kualitas terbaiknya, RUCIKA menjadi pilihan yang tepat untuk saluran air di rumah. Pilih mana pipa yang tepat sesuai kebutuhanmu, cari tahu variasi produknya dengan klik di sini.

(adv/eth/wri)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading