Sukses

Lifestyle

Selamat Hari Mendongeng Dunia, Bukan Sekadar Tentang Mimpi Ini Manfaatnya

Dongeng selalu diidentikkan dengan mimpi dan hal-hal kebaikan lainnya. Lebih dari itu dongeng memiliki manfaat yang baik, terutama bagi anak. Menurut penelitian, malam hari sebelum tidur adalah waktu otak untuk berkembang sehingga baik untuk menyerap informasi. Alih-alih sekedar mengobrol, menjelang tidur dapat Mom manfaatkan untuk membacakan dongeng untuk si kecil.

Hari ini, tanggal 20 Maret setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Mendongeng Dunia. Peringatan Hari Dongeng Sedunia diawali pada tahun 1991-1992 oleh para pendongeng di Swedia dengan nama All Storytellers Day. Kemudian pada tahun 1997 diadakan Celebration of Story selama lima minggu untuk memperingati tanggal 20 Maret sebagai Hari Dongeng Sedunia.

Perkembangan teknologi yang pesat membuat mendongeng ditinggalkan. Sayangnya, banyak yang tidak mengetahui manfaat mendongeng terutama bagi anak-anak. Mom, berikut ini adalah manfaat mendongeng bagi anak yang wajib diketahui.

  1. Dongeng dapat membantu meningkatkan imajinasi anak. Imajinasi yang terasah dengan baik dapat meningkatkan kreativitasnya. Hal ini membantu anak untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan keinginan untuk mengenal dunia luar.
  2. Pesan yang baik dari dongeng akan membuat si kecil tertarik untuk membahasnya. Hal inilah yang akan memicu kemampuan komunikasi yang baik bagi si kecil. Jangan lupa untuk memilih dongeng yang sesuai dengan keinginannya.
  3. Saat membaca dongeng maka ikatan batin antara si kecil dan mom akan terbentuk. Hubungan yang dekat akan membuatnya semakin cerdas.
  4. Dengan mendengarkan dongeng yang mom baca akan membuat si kecil memahami untuk meningkatkan kemampuannya dalam menerima informasi yang baik.
  5. Kebiasaan mom membaca cerita sebelum tidur akan membuatnya terbiasa membaca dan meningkatkan minat baca pada anak. Minat baca yang tinggi akan meningkatkan kecerdasan si kecil dan tentu saja akan membuatnya semakin cerdas.

Mom, demikian manfaat membacakan dongeng untuk anak. Dongeng apa yang menjadi favorit si kecil? Share yuk di kolom komentar.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading