Sukses

Lifestyle

Kenalkan Mbah Parmi, Wanita Tertua Asal Yogyakarta Usianya 117

Tahun lalu, sosok Mbah Gotho yang berusia 145 tahun asal Sragen, Jawa Tengah disebut-sebut sebagai orang tertua di dunia. Sayangnya, pada bulan Mei Mbah Gotho harus pulang ke haribaannya. Sepeninggal Mbah Gotho, nampaknya tak ada lagi orang tertua di Indonesia khususnya tanah Jawa.

Namun jangan salah Ladies, dikutip dari laman merdeka.com, nama Mbah Parmi kali ini disebut-sebut sebagai sosok tertua dari Indonesia. Usia Mbah Parmi asal Kulonprogo, Yogyakarta ini sendiri adalah 117 tahun. Meski usianya sudah tak muda lagi, Mbah Parmi tak pernah patah semangat untuk menafkahi dirinya sendiri.

Mbah Parmi | Copyright by merdeka.com

"Buat tali tampar itu cuma sambilan saja. Yang utama adalah kerja jualan jamu dan selendang. Setiap siang keliling desa untuk jualan," ungkap Mbah Parmi. Saat ini, Mbah Parmi tinggal sendiri di gubuk sederhana miliknya. Sebenarnya, ia memiliki dua anak, empat cucu dan enam cicit yang siap menampungnya. Tapi Mbah Parmi tak pernah ingin merepotkan anak cucunya.

Mbah Parmi mengungkapkan bahwa ia sudah hidup sangat lama. Ia masih ingat era bersejarah di Indonesia mulai dari zaman penjajahan Belanda, Jepang, era kemerdekaan, era G30 SPKI dan masih banyak lagi. Mengenai Mbah Parmi, saat ini ia tak memiliki KTP atau surat lainnya.

"Saya tidak punya surat-surat (KTP/KK). Dulu surat saya dibawa oleh adik. Seingat saya, itu di zaman Belanda. Sedikit-sedikit, saya masih ingat bahasa Jepang dan Belanda. Saya juga bisa menyanyikan lagu-lagu Belanda. " ungkap Mbah Parmi.

Mbah Parmi seseorang yang sangat mandiri | Copyright by merdeka.com

Lantas, kira-kira apa rahasia mbah Parmi sehingga ia memiliki umur panjang dan ingatan yang baik? Rahasia Mbah Parmi agar memiliki umur panjang dan daya ingat baik sangatlah sederhana Ladies. Menjadi orang benar, jujur dan tidak terlalu banyak pikiran akan membuat seseorang panjang umur.

Mbah Parmi mengatakan,

"Resepnya pikiran. Walau hidup susah dan tidak punya, pikiran harus selalu merasa bahagia dan kaya. Jadi orang yang benar. Hidup di dunia tak perlu aneh-aneh. Harus jujur. Enak tidur di luar rumah, tidak dingin. Tuhan nanti yang menyelimuti."


Sosok Mbah Parmi adalah sosok yang begitu mengagumkan ya. Sehat terus mbah. Tuhan akan senantiasa bersamamu, di sisimu.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading