Sukses

Lifestyle

Perangkat yang Harus Kamu Buka di Pemeriksaan Bandara

Bandar udara adalah pintu masuk dan keluar sebuah wilayah. Keamanannya harus dijaga demi mencegah hal buruk berpindah dengan cepat. Malah, jika meleng sedikit saja, fatal akibatnya.

Menurut David Rimmer, penulis Does Heightened Airport Security Make Us Safer, penjagaan ketat di bandara memang dibutuhkan mengingat banyaknya jumlah manusia yang datang sehingga berpotensi timbulnya kejahatan.

"Ini menjadi target potensi untuk terorisme dan bentuk lain dari kejahatan karena jumlah orang yang ada dalam satu lokasi tertentu," ujar Rimmer dalam tulisannya di aviation.about.com.

Wajar jika kemudian petugas yang ada di bandara melakukan tindak pencegahan berlebih terhadap kamu sebagai penumpang. Semua dimulai ketika kamu masuk ke area check in di mana kamu harus melewati metal detector. Alat ini berfungsi sebagai pendeteksi logam yang mengandung sensor untuk memeriksa tubuh seseorang. Jika memang ada logam yang berada dalam jangkauannya, ia akan mengeluarkan bunyi. Benda yang tertangkap oleh sensor di antaranya jam tangan, anting, ponsel, dan kepala sabuk pinggang.

Inilah yang kemudian terjadi ketika pemeriksaan terhadap seorang ibu di Bandara Sam Ratulangi, Sulawesi Utara, Rabu (5/7). Sayangnya ia menolak melepaskan jam tangan mengandung logam miliknya. Cekcok terjadi sehingga membuat sang ibu menampar wajah petugas perempuan. Kasus ini tengah dibawa ke pihak kepolisian di mana dua pihak yang bertikai sama-sama melaporkan kejadian tersebut.

Cobalah lebih bijak dalam memahami kebijakan bandara. Semenyebalkan apa pun aturan tersebut, ia sengaja dibuat untuk keamanan bersama. Adapun perangkat yang harus kamu buka ketika memasuki metal detector di antaranya:

1. Ikat pinggang besi
2. Jam tangan logam
3. Ponsel (kandungan logam di dalamnya bisa membuat detektor berbunyi)
4. Perhiasan logam
5. Sepatu (beberapa bandara internasional mewajibkan kamu membuka sepatu untuk melihat isi dalamnya)
6. Laptop (beberapa bandara internasional mewajibkan kamu untuk menyalakannya)
7. Semua benda yang mengandung logam

Lepaskan saja semua benda itu sementara karena nanti selepas pemeriksaan akan dikembalikan lagi ke tangan kamu. Ikuti peraturan yang ada dan bersabarlah. Semoga info ini membantu ya, Ladies.

(vem/zzu)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading