Sukses

Lifestyle

Kopi Joss, Kopi Khas Yogyakarta Idola Turis, Apa Istimewanya?

Kopi merupakan minuman idola hampir semua orang di dunia. Di setiap negara atau daerah, penyajian kopi bisa berbeda-beda satu sama lainnya. Termasuk penyajian kopi di kota wisata Yogyakarta. Di sini, beberapa warung kopi menyuguhkan penyajian kopi yang tak biasa. Kopi tersebut dinamakan sebagai Kopi Joss.

Dikutip dari laman odditycentral.com, Kopi Joss adalah sajian kopi yang khas dan istimewa di Yogyakarta. Kopi Joss disajikan bersama bara api dari arang yang telah bakar selama beberapa menit. Arang yang masih membara dan berwarna merah menyala dimasukkan ke dalam secangkir atau segelas kopi.

Kopi Joss disajikan bersama bara arang | Photo: Copyright odditycentral.com

Para turis sangat suka dengan penyajian kopi ini. Selain diklaim memiliki rasa yang khas dan enak menggugah selera, kopi ini juga sangat bermanfaat buat kesehatan khususnya kesehatan pencernaan. Aleks, adik penemu kopi Joss mengatakan bahwa Kopi Joss bisa membantunya mengatasi masalah perut kembung, mual, mulas dan diare.

Mengenai Kopi Joss, kopi ini pertama kali ditemukan oleh warga lokal bernama Pak Man. Sejak pertama ditemukan dan mulai diperkenalkan pada publik pada tahun 1980an, Kopi Joss menjadi kopi andalan. Tak hanya penduduk lokal yang menyukainya, para turis yang datang ke Yogya pun juga sangat menyukainya.

Kandungan kafein dan zat asam pada Kopi Joss sangat sedikit | Photo: Copyright odditycentral.com

Beberapa ahli menemukan bahwa kandungan kafein di dalam Kopi Joss terbilang cukup sedikit. Beberapa zat aktif yang terkandung di dalam arang menyala dipercaya menurunkan kadar kafein tersebut. Selain kafein, zat asam di dalam Kopi Joss juga sedikit sehingga aman buat kesehatan pencernaan.

Untuk menikmati secangkir kopi Joss, harga yang beredar di pasaran mulai Rp4 ribu. Jika kamu adalah pencinta kopi dan sedang berlibur ke Yogyakarta, jangan lewatkan buat mencoba Kopi Joss ya.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading