Sukses

Lifestyle

Tips Mudah Memasak Jengkol Agar Tidak Bau

Sama dengan petai, jengkol merupakan salah satu bahan masakan yang memiliki bau super menyengat. Jengkol juga merupakan salah satu bahan masakan yang perlu dimasak dengan teknik khusus agar baunya tidak terlalu menyengat. Umumnya, jengkol dimasak menjadi semur atau rendang.

Ngomongin soal jengkol, kali ini Vemale punya tips mudah memasak jengkol agar tidak bau. Tips tersebut adalah sebagai berikut.

    Pilih Jengkol dengan Kualitas Baik

    Agar olahan jengkol enak dan sesuai dengan lidah serta tak terlalu bau, pastikan untuk memilih jengkol dengan kualitas baik. Pilih jengkol yang benar-benar telah tua dan siap panen. Jengkol yang sudah tua cenderung memiliki rasa lebih manis, gurih dan enak. Baunya juga tidak terlalu menyengat.

    Rendam Jengkol

    Sebelum memasak dan merebusnya, usahakan untuk merendam jengkol terlebih dahulu, Rendam jengkol kurang lebih selama satu malam. Selain mengurangi bau, merendam jengkol bermanfaat menetralisir racun di dalam buah jengkol. Merendam jengkol juga akan membuat tekstur jengkol jadi lebih empuk dan kesat. Disarankan agar kamu merendam jengkol dengan air kapur sirih agar hasilnya makin maksimal.

    Rebus Jengkol Bersama Daun Jeruk Purut

    Untuk bau yang lebih sedap dan rasa yang lebih nikmat, sebelum memasak jengkol, usahakan agar merebus jengkol bersama daun jeruk purut. Tak hanya daun jeruk purut, kamu juga bisa merebusnya bersama daun jambu biji. Merebus jengkol dengan dua jenis daun ini bisa bantu kamu dapatkan jengkol yang enak dan tanpa bau. Jangan lama-lama saat merebus jengkol karena ini bisa bikin jengkol hancur. Rebus hingga setengah matang sebelum dimasak.

    Masak Memakai Bumbu Rempah Lengkap

    Usahakan untuk memasak jengkol dengan bumbu yang rempah lengkap. Bumbu rempah bisa menetralisir bau jengkol. Rempah yang lengkap juga bisa bantu menjadikan masakan jengkol jadi lebih enak, sedap serta nikmat.


Ladies, itulah beberapa tips memasak jengkol agar tidak bau. Tips yang sangat mudah bukan? Semoga informasi ini bermanfaat. Buat kamu yang punya tips lain untuk menangani masalah bau jengkol, jangan lupa berbagi ilmunya dan share di kolom komentar ya.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading