Sukses

Lifestyle

Salut, Para Perempuan Ini Jadi Petugas Keamanan Desa di Bali

Jika mendengar profesi yang berhubungan dengan keamanan, misalnya sekuriti atau pecalang di Bali, yang terlintas dalam pemikiran kita adalah sosok laki-laki. Tidak mengherankan dan tidak menyalahkan stigma, karena menurut sebuah penelitian yang dimuat di popsci.com, ini terjadi karena otak manusia mengalami bias terhadap gender dan hal ini terjadi di luar kendali dan kesadaran kita.

Namun, jika kita terbiasa mengasosiasikan pekerjaan-pekerjaan berat dan berisiko dengan pekerjaan kaum laki-laki, mungkin kali ini ceritanya berbeda. Desa Pakraman Kerta Jaya Pendem, Kelurahan Pendem di Jembarana, Bali, pada hari Minggu (5/3), mengukuhkan empat perempuan yang diangkat sebagai pecalang desa. Wakil Bupati Jembara, I Maded Kembang Hartawan, didampingi Kapolres Jembrana AKBP Djoni Widodo mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh desa adat ini. "Langkah ini patut diapresiasi karena ini merupakan langkah maju, terutama dalam hal kesetaraan gender," ujar Kembang Hartawan, seperti yang kami kutip dari merdeka.com.

Langkah berbeda yang diambil oleh desa Pakraman Kerta Jaya Pendem ini seiring dengan dipilihnya Bhabinkamtibnas yang juga berjenis kelamin perempuan di desa tersebut. Dipilihnya para perempuan sebagai pondasi-pondasi keamanan desa tak lepas dari perhatian menyoal kasus-kasus kekerasan terhadap wanita yang selama ini banyak terjadi, misalnya KDRT, pelecehan seksual, narkoba dan lain-lain.

Berdasarkan data dari Bureau of Labor Statistic tahun 2012, pekerjaan yang kini diemban perempuan mulai bervariasi. Jika dulu para perempuan banyak bekerja di area pendidikan, kesehatan, pemerintahan, hospitality, kini para perempuan pun mulai merambah bidang-bidang seperti konstruksi, pertambangan bahkan keamanan. Sebuah langkah yang baik yang turut mengamini peranan perempuan dalam berbagai aspek kehidupan dengan memberikan peluang-peluang baru.

Semoga langkah ini bisa menjadi inspirasi dan dicontoh oleh daerah-daerah lain dan juga bidang-bidang pekerjaan lainnya.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading