Sukses

Lifestyle

Printerous Raih Investasi 18 Miliar Rupiah

Pada tanggal 23 Februari 2017, perusahaan percetakan online berbasis Indonesia, Printerous, mengumumkan bahwa mereka telah memperoleh investasi sebesar 18 miliar rupiah (1,4 juta dollar AS) pra-seri A yang dipimpin oleh Golden Gate Ventures dari Singapura, yang diikuti oleh Sovereign’s Capital asal Amerika Serikat dan grup bisnis Gunung Sewu Kencana dari Indonesia.

Individual dan perusahaan dapat mencetak (print) berbagai desain pada produk di Printerous. Perusahaan akan menggunakan investasi baru ini untuk akuisisi dan retensi pengguna, hal ini dilakukan dengan meningkatkan seluruh aspek bisnis agar bisa menjadi pemimpin pasar percetakan di Indonesia.

“Kami sangat berterima kasih atas kepercayaan dan dukungan dari berbagai investor lokal dan internasional,” ujar Kevin Osmond, co-founder dan CEO Printerous. “Bukan hanya investasi, kami juga diperkaya dengan penasehat-penasehat, values, serta jaringan usaha yang luas.” Ini pertama kalinya Gunung Sewu Kencana menyentuh ranah usaha teknologi di tanah air. Dengan pengalaman usaha lebih dari 60 tahun, sinergi dengan tim Gunung Sewu Kencana menjadi aset yang sangat berharga bagi Printerous.

Kevin Osmond

“Salah satu keunggulan utama kami dari dulu adalah jaringan yang kami miliki di Indonesia, dengan mitra, korporasi, dan penanam modal yang strategis,” Jelas Justin Hall, Principal di Golden Gate Ventures. “Kami tidak hanya akan memanfaatkan jaringan ini untuk membantu Printerous mengembangkan pipeline penjualan mereka yang luas dan meningkatkan omzetnya, namun kami juga akan melibatkan mitra kami untuk mendukung finansial Printerous hingga mencapai tahap bisnis mandiri dan berkelanjutan.”

Sebelumnya, Printerous sudah mendapatkan investasi dari RMKB Ventures dan anggota keluarga Tahir. Semenjak itu, Printerous mulai menjalankan model usaha business-to-business (B2B) dengan tujuan menjadi penyedia layanan percetakan utama bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia. Startup ini juga mendapatkan pendanaan dari beberapa angel investor yang cukup terkenal seperti Steve Christian, CEO dari KapanLagi Network.

Investasi ini hadir tepat di saat perusahaan kecil menengah di Indonesia mulai terbuka terhadap teknologi untuk mengefisiensikan operasi usaha. Banyak usaha lokal yang telah menggunakan platform SaaS (Software as a Service) untuk menerima penjualan, mengatur tenaga kerja sampai keuangan.

Printerous menyediakan berbagai macam layanan percetakan bagi perusahaan, mulai dari kartu nama, alat tulis kantor, materi pemasaran, baju, pengemasan, dan pernak-pernik. Untuk layanan individual, Printerous menawarkan sejumlah layanan percetakan seperti foto album, dekorasi dinding, casing ponsel, dan bantal guling.

Justin setuju dengan Kevin soal sektor percetakan B2B. “Kami sangat percaya ide ini: bisnis memiliki kebutuhan percetakan yang konsisten dan berharga untuk banyak hal seperti kartu nama, brosur, flyer, hingga spanduk. Terlebih lagi, industri UKM (Usaha Kecil Menengah) sedang bertumbuh pesat. UKM mewakili 95 persen bisnis di Indonesia, dan kami yakin Printerous berada dalam posisi yang tepat untuk melayani semuanya,” ujar Justin.

Menurut Hewlett Packard Asia Pacific, keseluruhan industri percetakan di Indonesia bernilai 73 triliun rupiah (5,5 miliar dollar AS) di tahun 2014. Studi lebih lanjut oleh Economist Intelligence Unit memprediksi sektor percetakan di Indonesia akan menembus angka 121 triliun rupiah (9,1 miliar dollar AS) di tahun 2017, menjadikan Indonesia negara terdepan dalam bisnis percetakan di Asia Tenggara.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading