/ragam/101890-54-tahun-terjebak-di-india-tentara-china-ini-akhirnya-pulang.html

54 Tahun Terjebak di India, Tentara China Ini Akhirnya Pulang

Jum'at, 17 Februari 2017 14:01

Editor: Rohmitriasih

Photo: Copyright shanghaiist.com

Vemale.com - Setelah terpisah dari keluarga dan meninggalkan rumah dalam waktu yang sangat lama, nampaknya tidak ada yang lebih indah serta membahagiakan dari pulang. Ya, pulang dan berkumpul kembali bersama keluarga adalah moment yang sangat indah, menyenangkan sekaligus menyentuh hati. Inilah yang saat ini sedang dirasakan oleh seorang pria bernama Wang Qi asal China.

Dikutip dari laman shanghaiist.com, kakek Wang merasa sangat bahagia, terharu sekaligus begitu tersentuh karena akhirnya bisa pulang ke kampung halamannya di China beberapa waktu lalu. Setelah hampir 54 tahun terjebak di India dan tak mengetahui bagaimana perubahan di kampung halamannya, kakek Wang yang dulu bekerja sebagai tentara untuk negeri tirai Bambu ini akhirnya bisa pulang dan bertemu dengan keluarga besarnya.

Kakek Wang menangis haru saat tiba di China | Photo: Copyright shanghaiist.comKakek Wang menangis haru saat tiba di China | Photo: Copyright shanghaiist.com


Dari beberapa laporan yang ada, kakek Wang mulai terjebak di India dan tak bisa pulang ke kampung halamannya pada tahun 1963. Saat itu, kakek Wang sedang bertugas di perbatasan India China. Sayang, ia tersesat dan akhirnya masuk ke wilayah India. Saat itu, ia ditolong oleh petugas Palang Merah India dan diserahkan ke petugas militer India.

"Aku ke luar dari kamp untuk jalan-jalan. Tapi aku tersesat. Saat itu aku merasa sangat lelah dan lapar. Aku melihat kendaraan Palang Merah dan meminta mereka membantuku. Mereka menyerahkanku kepada petugas militer India. Mulai saat itulah, aku tak bisa pulang lagi ke negaraku," ungkap kakek Wang.

Kakek Wang saat masih jadi tentara | Photo: Copyright shanghaiist.comKakek Wang saat masih jadi tentara | Photo: Copyright shanghaiist.com


Kakek Wang dicurigai sebagai mata-mata dan dipenjarakan kurang lebih selama 7 tahun. Ke luar dari penjara, kakek Wang ternyata tak diperbolehkan pulang ke China. Ia tidak memiliki dokumen apapun yang bisa membantunya bisa ke luar dari negara India. Hingga suatu hari, kakek Wang dikirim ke sebuah desa terpencil di India. Di desa inilah, kakek Wang bekerja sebagai buruh pabrik dan menikah dengan gadis lokal.

Meski telah menikah dan tinggal di India bersama keluarga barunya, kakek Wang selalu merindukan keluarganya di kampung halamannya di China tepatnya di desa Xuezhainan, Qianxian, Shaanxi. Selama bertahun-tahun, kakek ini selalu rutin mengirim surat ke China dan menjalin komunikasi dengan keluarganya. Kakek Wang selalu mengatakan bahwa ia ingin pulang.

Kakek Wang dan keluarganya di India | Photo: Copyright shanghaiist.comKakek Wang dan keluarganya di India | Photo: Copyright shanghaiist.com


Mendengar keinginan kakek Wang, Kedutaan Besar China di India akhirnya melakukan segala upaya demi membantu kakek Wang kembali pulang ke tanah airnya. Dan beberapa hari yang lalu, akhirnya kakek Wang bisa pulang ke kampung halamannya dengan bahagia dan terharu. Kedatangannya di sambut dengan begitu bahagia oleh semua keluarganya dan warga sekitar.

Kakek Wang di kampung halamannya di China | Photo: Copyright shanghaiist.comKakek Wang di kampung halamannya di China | Photo: Copyright shanghaiist.com


Kakek Wang mengatakan, "Sudah lama aku ingin pulang. Ini adalah kebahagiaan yang luar biasa." Saat pulang ke China, istri kakek Wang yang merupakan warga negara India asli tidak ikut dengannya karena ia sedang sakit. Tidak diketahui apakah setelah ini kakek Wang akan kembali ke India atau menetap di China. Yang pasti, setelah kedatangannya ke China, kakek Wang terlihat begitu bahagia dan terharu karena bisa melepas rindu yang telah dipendamnya sangat lama.

Baca Juga Kisah Berikut:

Dulu Dianggap Punya Sihir & Dibuang, Hope Akhirnya Bisa Sekolah

Si Cantik Sima Azimi, Pelatih Wushu Wanita Pertama di Afghanistan

Langka, Ibu Berkulit Hitam Dikaruniai Buah Hati Berkulit Putih

Perkenalkan Gunn Narten, Pemadam Kebakaran Tercantik di Dunia

Semua Benda Nempel di Tubuhnya, Inikah Manusia Magnet?



(vem/mim)


Rekomendasi Pilihan

Rambutan Kekinian, Asinan yang Bikin Ngiler

----
Anda punya kisah inspirasi (cinta, pernikahan, persahabatan, keluarga, dll) atau punya tips keren seputar wanita? Silakan kirim ke redaksivemale@kapanlagi.net.

Share your story and let's be friends with Vemale.com :)
----

DON'T MISS IT
YOU NEED TO KNOW
KOMENTAR ANDA

MOST VIEWED ARTICLES
LOAD MORE


ZODIAK HARI INI

Aries

Manfaatkan kesempatan yang ada dengan sebaik mungkin.