Sukses

Lifestyle

Cara Mendeteksi Dini Kebakaran Agar Kondisinya Tak Semakin Parah

Kebakaran memang dapat terjadi kapan saja dan di mana saja, dapat di ruang tertutup atau ruang terbuka. Apalagi ketika hutan terbakar, asapnya pun akan merugikan masyarakat sekitar. Sebab dapat menyebabkan gangguan pernafasan.

Melihat masalah tersebut, sebagai langkah penanggulangan kebakaran di dalam maupun luar area Hutan Taman Industri di Riau, perusahaan bubur kertas Asia Pulp and Paper Sinar Mas menyiapkan “Integrated Fire Management” (IFM). “Ada empat pilar utama dalam IFM ini yaitu persiapan, deteksi dini, respon cepat, serta pencegahan,” ujar Sujica W Lusaka, General Management IFM Sinar Mas Forestry.

Sebagai langkah persiapan, akan dibentuk Incident Command System (ICS) atau Sistem Komando Bencana. Langkah tersebut menjadi perangkat atau sistem yang mengatur garis komando, perencanaan, operasi, logistik dan administrasi dalam sebuah situasi darurat.

“Untuk menerapkan ICS, kami menggandeng ahli manajemen kebakaran internasional yaitu Trek Wildland Service (Kanada) dan Working on Fire (Afrika Selatan) untuk memberikan pelatihan ICS. Pelatihan yang menitikberatkan pada koordinasi dalam memadamkan kebakaran,” jelasnya.

Deteksi dini diterapkan melalui data mengenai ada atau tidaknya "hotspot" atau titik panas di sekitar wilayah konsesi. Tujuannya agar potensi kebakaran dapat segera diredam sebelum menjalar secara luas. Respon Cepat dilakukan dengan komando dan kontrol yang merupakan manajemen terpadu dalam menghadapi situasi darurat.

Sementara, langkah pencegahan dibentuk melalui Program Desa Makmur Peduli Api (DMPA). Program ini memberdayakan masyarakat di wilayah konsesi pemasok APP untuk mengembangkan mata pencaharian sehari-hari. “Dengan demikian, masyarakat diarahkan dan dibina untuk berdaya dan sejahtera secara sosial-ekonomi dengan memanfaatkan sumber daya (alam dan manusia) yang sesuai dengan potensi dan karakteristik lokal," tutupnya.

Dengan adanya program ini, semoga angka kebakaran di Indonesia bisa diturunkan. Khususnya untuk angka kebakaran di Riau, Sumatera. Semoga juga, ketika ada kebakaran risiko tersebut tidak semakin meluas.

(vem/asp/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading