Sukses

Lifestyle

Ini Alasan Sejumlah Restoran Sengaja Memutar Musik untuk Tamunya

Tahukah kalau jenis musik yang diputar di restoran itu bisa memberi pengaruh tertentu? Ada yang sengaja memutarkan musik dengan melodi pelan. Tapi ada juga yang sengaja memutar musik dengan volume keras. Ternyata jenis musik tertentu tersebut bisa memberi pengaruh yang besar pada para tamu pelanggan.

Seperti yang dilansir oleh lifehack.org,sama seperti dekorasi dan pencahayaan, musik memiliki peranan yang penting untuk mempengaruhi cara kita menghabiskan waktu dan berperilaku di restoran. Musik bisa memberi efek psikologis sendiri bila diputar di dalam restoran. Yuk, kita gali info lebih dalam soal bagaimana pengaruh jenis musik tertentu terhadap mood atau perilaku tamu di restoran.

Musik dengan Tempo Cepat

Banyak restoran yang ingin kita datang dan membuat keputusan cepat tanpa berpikir lama tentang harga menunya. Selain itu, restoran yang memutar musik dengan tempo cepat ini juga ingin agar kita datang dan pulang cepat supaya pelanggan baru bisa datang dan langsung mendapat meja tanpa harus menunggu lama.

Musik bertempo cepat ini bisa meningkatkan tempo detak jantung dan napas. Sehingga kita akan melakukan sesuatu dengan cepat juga, termasuk soal cepat menghabiskan makanan dan melakukan segalanya tanpa berlama-lama. Musik dengan volume keras pun juga bisa memberi efek yang hampir sama dengan musik bertempo cepat.

Musik Klasik

Musik klasik bisa mempengaruhi keputusan kita soal berapa banyak yang akan kita habiskan. Jika musik klasik dikombinasikan dengan atmosfer yang berkelas, maka kita akan merasa harga yang sebenarnya mahal itu masih cukup terjangkau. Tak heran jika banyak restoran yang menyediakan minuman beralkohol memasang musik klasik agar tamu bisa terpengaruh untuk memilih minuman dengan harga yang mahal.

Musik yang Menciptakan Perasaan Bahagia

Banyak restoran yang menyadari kalau pelanggan bisa rela menghabiskan lebih banyak uang bila mood-nya sedang bahagia atau membaik. Dan musik merupakan media yang paling ampuh untuk mempengaruhi emosi.

Lagu sedih membuat kita jadi melow dan ingin menangis. Lagu bahagia membuat kita ingin menari. Oleh karena itu, banyak restoran yang memilih untuk memutar musik dengan tema bahagia untuk memberi pengaruh positif pada mood atau suasana hati.

Musik memang bisa mempengaruhi mood dan emosi. Tapi semua juga bakal kembali pada diri kita sendiri. Tentang bagaimana kita mengendalikan emosi dan pikiran kita saat berada di suatu tempat.

Kalau kamu sendiri bagaimana, Ladies? Punya pengalaman sendiri terkait pengaruh musik yang kamu dengar saat sedang menikmati makanan di sebuah restoran?

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading