Sukses

Lifestyle

Ladies, Ini Lho Penampakan Uang Rupiah Keluaran Terbaru

Hari ini, Senin, 19 Desember 2016, Presiden Joko Widodo akhirnya resmi memperkenalkan desain baru uang rupiah tahun emisi 2016. Dalam edisi kali ini pemerintah dan Bank Indonesia (BI) merilis 11 desain baru uang rupiah tahun emisi 2016. Ada 7 uang baru yang dirilis dalam bentuk kertas dan 4 lainnya dalam bentuk logam.

Uang baru ini tetap menampilkan gambar pahlawan nasional seperti sebelumnya, namun ada nama-nama berbeda yang menghiasi uang tersebut. Uang rupiah baru ini menampilkan 12 gambar pahlawan nasional. Desain-desain uang baru ini punya tampilan yang lebih minimalis dengan modern dan hampir mirip dengan desain mata uang di negara Eropa.
© Path.com/Rosita Salas
Meskipun diluncurkan hari ini namun BI menegaskan uang lama masih tetap berlaku. Ini karena bank sentral akan mengumumkan pecahan mana dan emisi kapan yang akan ditarik secara bertahap.

Uang Rupiah terbaru yang diterbitkan ini terdiri dari nilai nominal Rp 100.000, Rp 50.0000, Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000, dan Rp 1.000. Sedang uang Rupiah logam terdiri atas pecahan Rp 1.000, Rp 500, Rp 200, dan Rp 100.

Dilansir oleh merdeka.com (16/12), uang baru ini rupanya dilengkapi dengan unsur pengamanan yang lebih kuat untuk menanggulangi peredaran uang palsu. Ada penguatan unsur pengamanan yang dilakukan melalui color shifting, rainbow feature, latent image, ultra violet feature, tactile effect, dan rectoverso.

Desain uang terbaru ini rupanya juga dilengkapi dengan penyempurnaan fitur kode tuna netra (blind code) dengan melakukan perubahan desain pada bentuk kode tuna netra berupa efek rabaan (tactile effect) untuk membantu membedakan antar pecahan dengan lebih mudah.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading