Sukses

Lifestyle

10 Ide Desain Meja Makan Minimalis Unik

Seperti dunia fashion, interior design pun punya tren yang terus berganti setiap tahunnya. Untuk tahun yang akan datang, gaya minimalis akan mendominasi pemilihan perabotan atau gaya penataan ruangan. Buat kamu yang termasuk fans gaya minimalis, ruang makan jadi salah satu ruangan yang dapat dirombak dengan cara mudah. 

Karakteristik dari ruang makan minimalis biasanya ditandai dengan kesederhanaan dan elegan, sehingga memberikan rasa nyaman dan santai saat makan. Tapi untuk acara yang lebih formal, cukup menambahkan lilin-lilin yang impresif yang memberikan kesan ruangan lebih dramatis dan mewah.

Ingin mencoba gaya minimalis di ruang makanmu? Mulai dengan melihat beberapa ide meja makan berikut ini, yang dapat dipilih sesuai dengan seleramu.

Tidak Harus Satu Set

Biasanya meja makan dijual lengkap dengan satu set kursi. Tapi bukan berarti, kamu nggak bisa menggunakan kursi yang berbeda-beda untuk meja makan minimalis. Cara ini justru akan menciptakan tampilan yang berbeda dan membuat ruang makan tampak lebih hidup dan jauh dari membosankan.

Warna Meja Makan Minimalis

Menurut para desainer ruangan, hal terpenting saat menata ruang makan yang minimalis ditentukan oleh minimnya jumlah warna, dengan memperhatikan filosofi estetik kekosongan ruangan. Kamu bisa memilih warna-warni meja makan minimalis dengan sentuhan lembut seperti abu-abu, coklat, atau burgundy. Kombinasikan dengan warna putih, agar ruang makan tampak terang.

Meja Makan Sebagai Titik Fokus

Filosofi ruang makan yang minimalis adalah menjaga bentuk, wujud, dan warnanya sesederhana mungkin. Pusatkan titik fokus pada meja makan yang simpel dan mengedepankan fungsinya, daripada membuat ruangan tampak sesak karena terlalu banyak barang di dalamnya.

Kursi Makan Ramping

Menukar kursi makan yang besar dengan yang ramping, berkaki panjang, dan terbuat dari  kulit, krom, dan plastik bisa memberikan tampilan minimalis. Walau terlihat modern, bukan berarti mengorbankan kenyamanan lho. Bentuk yang ergonomis, material berteknologi tinggi, dan jok tipis namun empuk, akan tetap membuatmu merasa nyaman duduk berlama-lama di ruang makan.

Pilih Warna Putih

Warna ini memang identik dengan minimalis dan fresh. Selain itu, warna putih juga menonjolkan bentuk dan arsitektur ruangan, serta tetap nyaman bagi mata. Selain memilih meja makan yang seluruhnya berwarna putih, kombinasikan warna ini pada bagian-bagian tertentu, misalnya pada sandaran kursi bagian atas, yang akan menarik perhatian.

Kursi Makan Berdesain Lucu

Ruang makan dengan kursi makan minimalis yang tampak elegan dan tertata rapi terkadang bisa terlihat kaku. Berani lakukan sesuatu yang beda, unik, bahkan lucu, misalnya menambahkan satu kursi di ujung dengan sandaran siluet orang, yang bikin ruangan tampak lebih hangat, akrab, dan nyaman.

Meja Makan Berbentuk U

Buat kamu yang punya ruang makan kecil, meja makan berbentuk U bisa jadi pilihan. Sesuaikan dengan selera minimalismu dan temukan kursi yang serasi, misalnya dipadukan dengan bangku atau kursi antik.

Kursi Makan Hitam Putih

Ruang makan minimalis bukan berarti tampak biasa dan membosankan lho. Mainkan warna hitam-putih yang klasik pada kursi, dan gunakan meja berwarna putih yang memberikan kesan bersih dan elegan.

Kursi Kecil dan Berwarna Terang

Ruang makan yang kecil akan tampak sesak, jika memaksakan memakai meja makan maupun kursi berukuran besar. Kunjungi toko-toko penjual furnitur dan pilih kursi makan yang sedang jadi tren, yaitu kursi kecil berwarna terang yang biasanya dibanderol cukup murah.

Penutup Kursi Makan

Kursi makan yang masih bagus tidak harus diganti hanya untuk mengikuti gaya minimalis. Pertimbangkan untuk menggunakan penutup kursi berbahan kain untuk mengubah penampilan ruang makan. Kamu dapat bermain dengan warna, gaya, hingga motif untuk menciptakan nuansa berbeda, tergantung pada jenis acara.

Jika menginginkan ruang makan yang tampak sederhana, nyaman, dan elegan, gunakan beberapa tips di atas untuk mengaplikasikan gaya minimalis pada ruangan ini. Selamat mencoba, Ladies!

(adv/eth/ayu)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading