Sukses

Parenting

Makanan yang Baik Dikonsumsi Ibu Menyusui Agar Anak Tumbuh Cerdas

Selama masa menyusui, makanan yang dikonsumsi ibu sangat mempengaruhi tumbuh kembang si kecil. Khususnya di minggu kedua dan ketiga pertama saat tubuh mulai memproduksi ASI. Untuk bisa memproduksi ASI yang cukup, seorang ibu butuh banyak energi.

Dikutip dari hellodoktor.com, sebuah penelitian menyebutkan bahwa ibu menyusui membutuhkan energi harian sekitar 478 kalori lebih banyak banyak daripada wanita yang sedang tidak menyusui. Kebutuhan ini perlu dicukupi khususnya di enam bulan pertama masa menyusui di mana anak butuh ASI eksklusif. Agar anak tumbuh cerdas, ibu yang menyusui perlu mengonsumsi makanan sehat.

Makanan yang Kaya Protein
Protein sangat penting untuk perkembangan dan perbaikan sel-sel tubuh. Protein yang dibutuhkan ibu menyusui per hari sekitar 54 gram. Sumber protein ada bermacam-macam, antara lain telur, kacang-kacangan, dan ikan.

Makanan yang Mengandung Folat
Folat sangat penting untuk kesehatan dan tumbuh kembang bayi. Rata-rata, ibu menyusui butuh 450 μg folat per hari. Sumber folat ini bisa didapat dari aneka sayuran hijau, gandum utuh, kacang-kacangan, dan buah alpukat.

Makanan yang Mengandung Yodium
Yodium adan jenis mineral yang esensial untuk produksi hormon tiroid untuk perkembangan otak dan sistem saraf. Ibu menyusui butuh 190 μg yodium per hari. Sumber yodium bisa didapat dari aneka produk laut, susu, dan sayuran.

Makanan yang Mengandung Zinc
Zinc adalah mineral yang penting untuk perkembangan sistem imun bayi. Ibu menyusui membutuhkan 10 mg zinc pe hari, dan bisa didapat dari sereal gandum utuh, susu, aneka produk laut, dan kacang-kacangan.

Makanan yang Mengandung Vitamin A dan Vitamin B6
Ibu menyusui butuh sekitar 800 μg vitamin A dan 2 mg vitamin B6 per hari. Vitamin A penting untuk perkembangan tubuh anak dan membantu melawan infeksi. Sumber vitamin A bisa didapat dari susu, keju, telur, ikan, sayuran warna kuning-jingga, dan buah-buahan seperti labu dan mangga. Sementara vitamin B6 penting untuk proses metabolisme dan pembentukan sel-sel darah merah. Sumber vitamin B6 ini bisa didapat dari aneka ikan, kacang polong, gandum utuh, dan daging.

Selain mencukupi kebutuhan makanan yang sehat, ibu menyusuri juga perlu mencukupi kebutuhan cairan tubuh setiap hari. Menjaga pola makan sehat selama masa menyusui pada akhirnya juga bakal mempengaruhi tumbuh kembang anak ke depannya.




(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading