Sukses

Parenting

Rahasia Mudah Agar Kuat Puasa Ramadan Bagi Ibu Menyusui

Tentunya sangat berbeda saat harus berpuasa saat sedang menyusui. Para ibu akan merasa bahwa akan banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum berpuasa. Sebenarnya dalam Islam para ibu yang sedang hamil atau menyusui diperbolehkan untuk tidak berpuasa dan membayar fidyah sebagai gantinya, namun jika kuat dan sang bayi tetap mendapatkan asupan ASI yang cukup maka sang ibu dipersilahkan untuk berpuasa Ramadan.

Nah, bagi busui yang tetap ingin berpuasa berikut ini Vemale hadirkan beberapa tips praktis agar kuat menjalani ibadah. Yuk intip rahasianya di sini:

  • Selama berpuasa busui disarankan untukĀ  tidak melakukan pekerjaan berat yang menguras tenaga. Kamu bisa mengakali mengerjakan pekerjaan rumah tangga pada malam hari. Sebelum puasa kamu sudah menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan rumah yang dirasa berat.
  • Perbanyak makanan bergizi dan bernutrisi selama sahur dan berbuka karena konsumsi makanan sangat berpengaruh terhadap produksi ASI. Jika perlu berkonsultasilah dengan dokter soal daftar makanan apa saja yang seharusnya kamu makan selama bulan Ramadan.
  • Disarankan pula untuk mengkonsumsi suplemen vitamin yang khusus diperuntukkan bagi ibu menyusui seperti suplemen vitamin yang mengandung 10mcg vitamin D. Akan lebih baik jika suplemen ini dikonsumsi saat sahur.
  • Saat berpuasa jaga suhu tubuh tetap dingin. Jika tubuh dingin maka kamu akan terhindar dari dehidrasi. Karena itu alangkah baiknya jika busui beristirahat dalam rumah selama berpuasa.

Itu tadi adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan selama berpuasa. Namun jika ternyata kamu merasa si kecil tak mendapatkan asupan cukup ASI selama puasa, busui bisa membatalkan puasa.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading