Sukses

Lifestyle

Masuk Universitas Ternama di Usia 15 Tahun, Kisah Remaja Ini Inspiratif

Umumnya, seseorang masuk universitas di usia 18 atau 19 tahun. Tapi, tidak menutup kemungkinan beberapa orang masuk universitas di usia yang lebih tua atau bahkan lebih muda. Seperti halnya seorang remaja bernama Nur Wijaya Kusuma berikut ini.

Di usianya yang masih 15 tahun, Nur Wijaya berhasil masuk ke universitas negeri tanah air tepatnya di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta pada jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik UGM. Melansir dari laman liputan6.com, Nur Wijaya tidak pernah menyangka bahwa ia tercatat sebagai mahasiswa termuda di UGM saat ini.

"Aku masuk UGM melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Usia saat ini 15 tahun. Lahir pada 18 Mei 2003," ungkap Nur Wijaya saat mengikikuti Pembukaan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB) UGM di Lapangan Graha Sabha Pramana UGM.

Nur Wijaya juga bercerita bagaimana di usia muda ia bisa masuk universitas. Semua bermula ketika ia masuk Paud di usia yang masih sangat belia. Pada usia 5 tahun, ia mulai duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Saat duduk di bangku SMP, Nur Wijaya hanya memerlukan waktu 2 tahun untuk lulus. Ia mengikuti program akselerasi di SMP 9 Surakarta. Saat duduk di bangku SMA, ia pun lulus dalam waktu 2 tahun. Ia merupakan lulusan SMA 3 Surakarta.

"Waktu di Paud ada guru yang bercerita kalau bisa lulus muda atau cepat itu enak, dikejar-kejar di awal, selanjutnya bisa lebih santai. Ya aku terus termotivasi agar bisa cepat lulus dengan ikut akselerasi. Restu dan dukungan dari orangtua sangatlah penting. Selama ini orang tua selalu dukung dan support," tambah Nur Wijaya.

Nur Wijaya memilih UGM sebagai bangku perkuliahannya karena ia ingin mengikuti jejak sang ayah yang juga lulusan UGM. Sementara untuk jurusan elektro yang diambil Nur Wijaya mengaku ia sangat menyukai mata kuliah ini. Remaja 15 tahun ini juga mengungkapkan bahwa menurutnya jurusan ini akan sangat dibutuhkan di masa mendatang.

Nur Wijaya mengungkapkan bahwa ia akan fokus dan sungguh-sungguh dalam berkuliah. Ia juga berharap bisa lulus UGM dalam jangka waktu 3 tahun. Setelah itu, ia ingin segera menempuh pendidikan lanjutan.

Untuk mencapai semua ini, Nur Wijaya mengaku bahwa ia harus rajin belajar dan membaca. Tak lupa ia juga berdoa demi dapatkan yang terbaik.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading