Sukses

Lifestyle

Tips Hadapi Teman yang Suka Mengeluh, Ini Cara Cerdasnya

Menjadi pendengar yang baik memang tidak mudah. Apalagi harus mendengarkan keluhan dari orang dan tema yang sama. Bosan? Tentu saja, tapi ingin protes merasa tidak enak dengan teman. Tapi jika dibiarkan, rasanya tidak nyaman juga. Lalu langkah apa yang harus kamu lakukan, untuk tetap nyaman saat berhadapan dengan teman yang hobi mengeluh tanpa menyinggung perasaannya.

Ladies, berikut ini adalah cara yang dapat kamu lakukan untuk menghadapi teman yang suka mengeluh.

    Jangan Merasa Sok Tahu

    Saat teman sedang mengeluh dan curhat, jangan gegabah merasa sok tahu. Mengeluarkan kata-kata seperti, 'Ah, aku sudah pernah mengalami hal itu. Hal itu adalah sepele, tidak perlu terlalu dipikirkan.'

    Kalimat tersebut akan menyinggung perasaan temanmu, ia akan menganggap jika kamu tidak menghargai curhatnya. Tentu kamu tidak ingin menambah masalah baru bukan? Stay cool and keep calm.

    Cukup Dengarkan

    Seringkali orang mengeluh tidak sedang membutuhkan solusi, ia hanya butuh didengarkan. Maka saat teman sedang curhat yang perlu kamu lakukan adalah mendengarkan semua keluhannya. Usahakan untuk bersikap biasa saja, jangan tunjukkan rasa yang tidak nyaman dengan melakukan hal lain saat ia curhat. Tunjukkan bahwa kamu ikut merasakan apa yang ia rasakan dengan mendengarkannya.

    Berikan Nasihat Secukupnya

    Meskipun seseorang yang selalu mengeluh hanya butuh didengarkan dan pembenaran atas apa yang ia lakukan, tidak ada salahnya jika kamu memberikan solusi dan nasihat singkat. Solusi ini dapat membuatnya berhenti untuk mengeluh.

Nah, demikian 3 hal yang harus kamu lakukan saat menghadapi teman yang hobi mengeluh. Punya cara lain? Sila share di kolom komentar.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading