Sukses

Lifestyle

Trik Memasak Jengkol Agar Tak Bau Pakai Air Beras

Ladies pasti sudah tak asing dengan makanan yang satu ini. Jengkol punya rasa yang sangat lezat. Jengkol paling sering dimasak jadi semur atau rendang. Sayangnya banyak orang yang menghindari jengkol karena baunya. Bau jengkol sangat susah dihilangkan. Jika salah diolah baunya juga akan bertahan cukup lama di mulut dan juga saat memasak.

Nah, tak perlu galau lagi Ladies. Kali ini Vemale akan coba hadirkan tips memasak jengkol agar tak bau. Yuk intip cara praktisnya berikut ini.

Yang perlu kamu siapkan adalah air bekas cucian beras Ladies. Pastikan kamu mencuci bersih jengkol dan belah tiap kepingnya jadi dua. Setelah itu rendam jengkol dalam air bekas cucian beras selama 24 jam. Keesokan harinya buang air rendaman dan ganti dengan air cucian beras yang baru. Rendam lagi seharian penuh. Intinya lakukan perendaman ini 2-3 x 24 jam. Setelah itu tiriskan jengkol dan rebus jengkol dengan air bersih sampai mendidih selama kurang lebih 10 menit. Lakukan perebusan ulang sebanyak 2-3 kali. Angkat dan tiriskan jengkol, setelah itu pipihkan dengan memukulnya dengan ulekan. Kukus jengkol dan sisihkan. Jengkol pun siap diolah jadi makanan kesukaan.

Cara ini memang sedikit ribet dan membutuhkan kesabaran karena memakan waktu yang cukup lama. Meskipun demikian cara ini akan sangat membantu menghilangkan bau jengkol yang menyengat lho Ladies. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading