Sukses

Lifestyle

Tips Menjaga Agar Pisau Dapur Tetap Awet dan Tahan Lama

Salah satu peralatan dapur yang penting adalah pisau dapur. Pisau berfungsi untuk memotong sayur, buah, daging dan bahan makanan lainnya. Memilih pisau dapur yang tepat dapat membantu proses memasak. Tidak cukup membeli pisau dapur dengan kualitas yang baik, perawatan yang tepat pun penting kamu lakukan. Merawat pisau dapur dengan tepat dapat menjaga agar pisau lebih awet dan tahan lama.

Pisau dapur sangat dibutuhkan dalam proses memasak, maka Mom perlu merawatnya. Mom, berikut adalah cara untuk merawat pisau dapur agar awet dan tahan lama. Check this out!

    Pilih Bahan yang Tepat

    Salah satu cara untuk memilih pisau yang tepat adalah dengan memilih pisau yang berbahan anti karat. Pilihan pisau stainless steel sangat baik karena tidak mudah berkarat. Mom juga dapat memilih pisau dapur dengan bahan keramik. Kelebihan pisau dengan bahan ini membuat Mom tidak perlu repot untuk mengasahnya.

    Penggunaan Sesuai dengan Fungsinya

    Menggunakan pisau sesuai dengan fungsinya akan membuat pisau lebih awet dan tahan lama. Pisau memiliki berbagai jenis, misalnya ada pisau buah, roti, dan pisau potong. Gunakan pisau sesuai dengan fungsinya akan membantu piasu lebih awet dan tahan lama.

    Jangan Lupa untuk Mengasah Secara Rutin

    Untuk menjaga ketajamannya, pisau harus sering diasah. Semakin sering pisau tersebut dipakai maka pisau tersebut harus lebih sering diasah. Pisau untuk memotong daging harus lebih sering diasah dibandingkan dengan pisau buah atau sayur.

    Bersihkan dengan Teratur

    Setelah menggunakan pisau sebaiknya segera cuci dengan sabun cuci piring. Kemudian lap hingga kering sebelum disimpan. Hindari menyimpan pisau dalam keadaan kotor karena dapat menyebabkan karat.

    Simpan Pisau di Tempat Kering

    Setelah dicuci dengan bersih dan dilap hingga kering, pastikan kamu menyimpan pisau di tempat yang kering dan bersih. Hindari menyimpan pisau di tempat yang lembap karena menyebabkan pisau mudah karat. Jauhkan pisau dari jangkauan anak agar tetap aman dan terhindar dari penyalahgunaan pisau.

Mom, demikian 5 cara untuk menyimpan dan merawat pisau dapur agar tetap awet dan tahan lama. Selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading