Sukses

Lifestyle

Sayur dan Buah Segar Lebih Lama, Begini Tips Menyimpannya

Sedih nggak sih kalau stok buah dan sayur yang kita punya jadi nggak bisa dikonsumsi karena keburu membusuk? Kesalahan penyimpanan bisa jadi penyebab utama buah dan sayur yang cepat membusuk. Sekalipun kita menyimpannya di dalam kulkas, tapi kalau tak hati-hati tetap saja kesegaran sayur dan buah tak terjaga.

Untuk memastikan sayur dan buah bisa tetap terjaga kesegarannya, ada hal-hal yang perlu kita perhatikan, Ladies. Mulai dari tempat meletakkannya hingga pengemasannya. Selengkapnya, yuk ikuti tips lengkapnya di sini.

Jauhkan dari Kompor Gas
Sebaiknya tak meletakkan sayur dan buah terlalu dekat dengan kompor gas. Kenapa? Karena gas yang keluar dari kompor bisa membuat buah dan sayur terlalu cepat matang. Jadi kalau tak mau buah dan sayurmu cepat membusuk, jauhkan dari kompor ya.

Jauhkan dari Panas dan Asap
Jangan meletakkan buah dan sayur dari lokasi yang ada panas atau asapnya. Seperti yang dilansir oleh lifehack.org, sayur dan buah yang berdekatan dengan area yang ada panas dan asapnya akan cepat membusuk. Paling aman memang menaruhnya di tempat bersuhu dingin atau kulkas.

Saat menyimpan buah dan sayur di kulkas pun pastikan kulkasnya bersih. Kalau kulkas kotor, kotoran tersebut bisa mengontaminasi sayur dan buah sehingga jadi cepat membusuk.


Tak Usah Memotong atau Mengirisnya
Sayur dan buah yang akan disimpan tak perlu dipotong atau diiris bagiannya. Biarkan tetap utuh. Memotong dan mengirisnya nanti kalau memang sudah akan diolah atau dikonsumsi. Sayur dan buah utuh akan lebih segar dan awet disimpan di dalam kulkas.

Pisahkan dengan yang Busuk
Satu buah yang busuk bisa membuat buah lain yang di dekatnya ikut membusuk. Saat ada buah yang mulai memperlihatkan tanda-tanda akan membusuk, segera buang buah tersebut. Jangan sampai hanya gara-gara satu buah, jadi busuk semuanya.

Perhatikan Sirkulasi Udaranya
Jangan menyimpan buah dan sayur dalam tempat sempit atau terlalu berdekatan. Perhatikan sirkulasi udaranya. Kesegaran sayur dan buah bisa tetap terjaga dengan baik asal sirkulasi udaranya lancar.

Menumpuk terlalu banyak sayur atau buah di kulkas pun tidak baik. Sirkulasi udaranya bisa memburuk dan akibatnya bisa mempengaruhi kandungan nutrisi buah dan sayuran tersebut.


Gunakan Vacuum Sealers
Untuk tips yang satu ini memang harus agak modal sedikit. Yups, pakai vacuum sealer. Apa itu vacuum sealer? Vacuum sealer ini merupakan mesin yang digunakan untuk menghampakan udara.  Udara mengandung sejumlah bakteri kecil dan mikroorganisme lain yang bisa membuat makanan cepat membusuk. Dengan menggunakan vacuum sealer, kita bisa mengemas buah dan sayur yang tak terkontak langsung dengan udara lagi. Sehingga sayur dan buah bisa tetap terjaga kesegarannya.

Nah, itu tadi sejumlah tips untuk menjaga kesegaran buah dan sayur. Semoga infonya bermanfaat ya Ladies!



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading