Sukses

Food

5 Tips Mengupas Bawang agar Tidak Perih di Mata

Fimela.com, Jakarta Jika suka masak, pasti kamu pernah merasakan kesalnya memotong bawang merah dan bawang bombai karena menyebabkan pedas dan perih pada mata. Banyak sekali tips atau cara mengupas bawang agar tidak perih, tapi beberapa tidak efektif dan bahkan terkesan 'menipu' karena tdak bekerja sama sekali mengurangi rasa perih dan tetap menyebabkan mata menangis. 

Menurut Dr. Gerry Russel, seorang professor dalam bidang food biochemistry dari University of California mengatakan ada kandungan senyawa sulfur di dalam bawang merah yang mudah menguap menjadi gas saat dikupas. Jika terkena mata, bisa menimbulkan sensasi perih yang mengganggu. Jika ingin mengupas bawang agar tidak perih, ini beberapa cara efektif yang bisa dicoba.

 

1. Letakkan tisu basah di dekat talenan

Sebelum mengupas bawang merah/bombai, celupkan satu lembar tisu ke dalam air, kemudian letakkan di atas talenan dekat bawang yang akan diiris. Air sulfur atau belerang yang keluar dari bawang akan diserap atau dinetralkan oleh tisu basah ini sehingga tidak sampai ke mata dan menyebabkan perih.

2. Dinginkan di freezer

Suhu dingin akan 'membekukan' kandungan belerang untuk sementara di dalam bawang merah dan bombai sehingga bisa mengurangi risiko perih saat mengupas atau memotongnya. Jadi sebelum mengupas bawang, dinginkan dulu di dalam freezer, tidak perlu terlalu lama, cukup simpan 4-5 menit saja, kemudian keluarkan lalu kupas seperti biasa.

3. Siram air panas

Ada cara sederhana namun unik yang bisa dicoba juga agar mengupas bawang tidak perih yaitu siram dengan air panas dan rendam sebentar. Caranya sederhana, masukkan bawang di dalam mangkuk, siram air panas lalu diamkan selama 2 menit. Setelah merendam dengan air panas, tiriskan lalu siram air dingin. Lapisan kulitnya jadi lebih lembek dan mudah dikupas sehingga tidak menggores bawang dan menyebabkan perih di mata.

4. Oles cuka pada bawang

Mengoles cuka pada talenan dan bawang juga bisa mengurangi rasa perih saat mengupas bawang. Kandungan belerang pada bawang akan dinetralkan dengan cuka. Bisa juga dioleskan pada jari-jari dan pisau yang akan dipakai karena membantu mengurangi perih di mata saat memgupas kulitnya. 

5. Jangan memotong akarnya

Bawang merah dan bombai yang tidak dipotong akarnya juga bisa mengurangi risiko mata perih ketika mengupas bawang karena ternyata kandungan belerang pada bawang paling banyak di bagian pangkal atau akar bawang. Biarkan saja bagian akarnya dan tak perlu diiris sebelum diolah. Kulit bawang juga akan lebih mudah dikupas dan tidak menempel pada bawang jika direndam dulu di dalam air sehingga tidak menggores bawang.

Itu dia beberapa tips mengupas bawang merah dan bombai agar tidak perih pada mata. Semoga bermanfaat.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading