Sukses

Lifestyle

Peralatan Keramik Awet Selalu Seperti Baru? Gini Cara Merawatnya

 

Seiring dengan berkembangnya zaman, peralatan makan atau peralatan dapur saat ini memang sudah terbuat dari beragam bahan yang lebih variatif. Mengenai bentuknya pun, saat ini ada beragam bentuk peralatan makan mulai dari yang sangat sederhana, elegan hingga yang lucu dan menggemaskan seperti halnya peralatan makan anak-anak. Oh iya, ngomongin soal peralatan makan, kita semua tentu tahu bahwa peralatan makan dan dapur lainnya yang begitu favorit bagi semua orang adalah peralatan yang berbahan dasar keramik.

Hal ini mengingat bahwa peralatan keramik sangat anggun, elegan serta bernilai seni tinggi. Tapi sayangnya, jika peralatan dari keramik ini tak dirawat dengan baik, ini bisa membuatnya mudah pecah, warnanya pudar hingga geripis. Lantas, bagaimana caranya untuk merawat peralatan keramik agar terlihat selalu bagus dan seperti baru setiap saat? Dari pengalaman pribadi juga saran dari beberapa sahabat, ini nih tips merawat peralatan keramik agar terlihat selalu baru.

    Segera Bersihkan Setelah Dipakai

    Pastikan untuk segera membersihkan peralatan keramik setelah ia dipakai sebagai tempat menyimpan makanan, buah atau lainnya. Saat membersihkan peralatan keramik ini, usahakan untuk mengenakan busa yang lembut dan tidak membuat permukaan keramik mudah tergores. Ketika mencuci peralatan keramik ini, tambahkan perasaan air lemon di sabun untuk mencuci agar bau keramik tidak amis.

    Keringkan Sebelum Disimpan

    Usahakan untuk mengeringkan permukaan keramik sebelum ia disimpan. Mengeringkan peralatan keramik bisa dilakukan dengan meletakkannya dengan posisi tengkurap selama beberapa waktu atau dengan mengelapnya dengan lap bersih.

    Beri Pemisah Antara Peralatan Satu Dengan Yang Lain

    Jika kamu menyimpan peralatan keramik seperti halnya piring dan mangkok dengan cara disusun agar lebih rapi, usahakan untuk memberi pemisah antara peralatan satu dengan lainnya. Pemisah ini bisa berupa kertas yang cukup tebal. Dengan memberi pemisah di antara satu peralatan keramik dengan lainnya, ini menurunkan risiko peralatan pecah dan tergores atau retak.

    Simpan Sesuai Warna dan Ukuran

    Buat kamu dengan koleksi peralatan keramik yang banyak dan warna-warni, usahakan untuk menyimpannya dengan menyesuaikan warna dan ukuran. Untuk peralatan warna biru, simpan bersama peralatan warna biru lainnya. Untuk warna putih, simpan bersama warna putih dan begitu seterusnya. Untuk piring, simpan bersama piring. Sementara untuk mangkok dan gelas, simpan juga bersama sesama mangkok dan gelas. Selain akan membuat peralatan keramik lebih awet, hal ini juga akan membuat peralatan yang disimpan semakin rapi. Ini juga membuatnya semakin indah dipandang.

Ladies, itulah beberapa cara menyimpan peralatan keramik yang bisa kamu lakukan agar peralatan keramik awet selalu dan terlihat seperti baru. Tak hanya cara di atas, cara lain yang juga bisa kamu lakukan adalah memastikan peralatan keramik dipakai untuk wadah tertentu sesuai kegunaan. Untuk mangkok besar tempat sayur, pastikan digunakan untuk tempat sayur. Untuk peralatan keramik tempat buah, gunakan untuk tempat buah dan seterusnya.

Gimana, cara merawat peralatan keramik yang sangat mudah bukan kan ya? Selamat mencoba cara perawatan ini dan semoga bermanfaat. Kalau kamu punya cara lain untuk merawat peralatan keramik, jangan lewatkan untuk share di kolom komentar ya.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading