Sukses

Lifestyle

Tips Mudah Cegah Kentang Berubah Warna Setelah Dikupas

Kentang merupakan salah satu bahan makanan yang paling banyak diolah jadi makanan yang lezat. Kentang juga bisa dijadikan camilan yang sangat enak lho Ladies. Kentang ini seperti apel Ladies, setelah dikupas akan segera berubah warna menjadi kecoklatan. Ini karena adanya browning enzimatic yakni proses oksidasi dari enzim peroksidase dan katalase yang terkandung dalam kentang.

Saat akan memasak kentang dalam jumlah besar tentu browning enzimatic ini akan jadi salah satu masalah Ladies. Memang tak akan mempengaruhi rasa, namun tampilan dari kentang tentu akan jadi kurang cantik bukan? Nah, kali ini Vemale akan coba hadirkan tips untuk mencegah kentang berubah warna setelah dikupas seperti yang telah dilansir oleh greatist.com. Check these out.

Yang pertama kamu bisa mencoba merendam kentang yang sudah dikupas dalam larutan garam dapur dan air kapur sirih. Campurkan saja  2 sendok makan garam halus dan 1 sendok makan air kapur siri. Larutkan di dalam 1 liter air. Setelah itu rendam kentang selama kurang lebih 1 jam. Ini akan membuat kentang tak berubah warna. Selain itu kentang juga bisa jadi lebih gurih.

Kamu juga bisa mencoba blanching. Rebus kentang yang belum dikupas kulitnya selama kurang lebih 1 menit dalam air mendidih. Angkat dan langsung rendam dalam air dingin. Selanjutnya kamu tinggal mengupas kentang.

Nah itu tadi adalah dua tips mudah yang bisa kamu coba untuk mencegah kentang yang sudah dikupas berubah warna Ladies. Semoga informasi tadi bermanfaat ya. Selamat mencoba.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading