Sukses

Lifestyle

Tips Masak Mie Instan Agar Lebih Sehat & Aman Dikonsumsi

Mie instan adalah salah satu makanan yang super praktis dan dipastikan selalu ada di dapur setiap orang. Mie instan juga jadi makanan andalan saat sedang tanggal tua atau bagi para anak kos. Makanan ini adalah yang paling praktis dan cepat disajikan dan anti ribet. Sayangnya mie instan ini sebenarnya kurang baik jika dikonsumsi terlalu sering. Ini karena kandungan MSG yang tinggi yang punya dampak negatif untuk kesehatan.

Mie instan akan aman dikonsumsi jika tak berlebihan dan juga dimasak dengan benar. Nah, kali ini Vemale akan coba hadirkan beberapa tips untuk memasak mie instan agar lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi.

  • Yang pertama kamu disarankan untuk membuang air rebusan yang pertama kali digunakan untuk merebus. Ini karena saat merebus lapisan lilin yang terkandung dalam mie tersebut sebagian besar akan larut bersama air. Karenanya kuah mie akan berwarna putih kekuningan. Dengan membuang air rebusan mie maka kamu akan mengurangi jumlah lilin yang masuk dalam tubuh.
  • Selanjutnya jangan mencampurkan bumbu dan mie ke dalam air rebusan. Kandungan bumbu mie instan sebenarnya kurang baik untuk kesehatan, ini akan semakin berbahaya jika dicampurkan dengan air bersuhu tinggi. Karenanya di kemasan mie selalu disarankan untuk mencampurkan bumbu dengan mie saat mie telah diangkat dari air rebusan.
  • Kandungan yang dianggap berbahaya untuk tubuh dari mie instan adalah MSG. MSG sebenarnya aman saja dikonsumsi asalkan tak berlebihan. Karenanya kamu juga disarankan untuk mengurangi jumlah bumbu mie instan. Kamu bisa menggunakan bumbu buatan sendiri lho. Tambahkan saja bawang putih, kecap, saus, merica, atau garam.
  • Jangan makan mie instan dengan nasi. Ini karena mie instan sudah mengandung banyak kalori dan karbohidrat. Mencampur mie instan dengan nasi hanya akan membuat tubuh memiliki kadar gula yang lebih tinggi.
  • Tambahkan makanan bergizi saat menyantap mie instan. Kamu bisa menambahkan sayuran atau telur untuk menambah asupan serat dan protein.
  • Hindari makan mie instan di malam hari terutama sebelum tidur. Bahan baku mie adalah tepung yang akan diubah jadi gula oleh tubuh. Makan mie sebelum tidur akan memberatkan kerja organ pencernaan yang seharusnya istirahat saat kita sedang tidur.


Nah itu tadi adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk menyantap mie instan dengan lebih sehat. Segala sesuatu yang berlebihan memang kurang baik Ladies. Mie instan memang sangat lezat, tapi jangan berlebihan dalam mengonsumsinya ya. Semoga informasi ini bermanfaat. 

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading