Sukses

Lifestyle

Tips Praktis Membersihkan Ikan Agar Tidak Amis & Pahit

Ikan merupakan salah satu sumber protein yang sangat baik buat kesehatan tubuh. Ikan juga merupakan sumber omega 3 yang kaya manfaat buat kesehatan tubuh. Karena nutrisinya yang sangat banyak dan mengesankan, sangat disarankan buat kita semua untuk konsumsi ikan dalam jumlah yang tepat.

Tapi, nampaknya tidak banyak dari kita yang suka dengan ikan. Hal ini karena ikan merupakan salah satu bahan masakan yang amis dan jika tidak tepat dalam membersihkannya, rasa daging ikan bagian dalam akan terasa pahit dan sisiknya pun sangat mengganggu. Kalau kamu ingin memasak daging ikan namun ia tidak amis dan tidak pahit, sebenarnya ada tips praktis membersihkan ikan segar. Tips tersebut  adalah sebagai berikut.

  1. Cuci bersih ikan dengan air dingin yang mengalir.
  2. Bersihkan sisik bagian luar menggunakan pisau dengan hati-hati. Setelah sisik bersih, potong ekor ikan. 
  3. Selanjutnya, belah perut ikan dan keluarkan isi dalam perut. Pastikan buat hati-hati saat mengeluarkan isi perut. Jika tidak hati-hati, hal ini bisa membuat empedu ikan pecah dan menyebabkan ikan menjadi pahit. 
  4. Bersihkan pula bagian insangnya hingga bersih. Alangkah baiknya jika kamu membuang insang ikan. 
  5. Cuci kembali ikan dengan air yang mengalir. 
  6. Terakhir, agar ikan tak amis, balurkan air jeruk nipis ke daging ikan atau balurkan cuka. Diamkan sebentar lalu cuci lagi sebelum akhirnya di simpan di lemari pendingin atau dimasak.


Ladies, itulah tips praktis membersihkan daging ikan segar agar tidak amis dan pahit. Ketika kita membersihkan ikan dengan baik, dipastikan bahwa ikan akan semakin sehat dan baik buat tubuh. Tips yang sangat praktis bukan? Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencoba tips ini. Selamat menyajikan masakan ikan yang sehat serta nikmat buat keluarga tercinta.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading