Sukses

Lifestyle

Memilih, Menyimpan, dan Memasak Kurma yang Benar, Ini Tipsnya!

Kurma selalu jadi primadona di bulan suci Ramadan. Tak hanya populer dijadikan menu olahan takjil, kurma juga bisa jadi bahan untuk aneka kue dan makanan.

Kurma sendiri pun kaya akan gizi dan nutrisi. Buah ini mengandung vitamin C, serat, kalium, dan anti-oksidan. Kandungan mineralnya pun luar biasa, seperti kalsium, magnesium, zinc, zat besi, dan selenium. Buah kurma memang kaya manfaat, ya.

Tapi apakah selama ini kita sudah memilih dan mengolah kurma dengan benar? Jangan-jangan selama ini masih salah. Yuk, ikuti tips yang benar soal memilih, menyimpan, dan memasak kurma berikut ini.

    Memilih Kurma

    Perhatikan warna dan permukaan kurma. Pilihlah yang mengkilat, memiliki warna yang merata, dan tidak pecah-pecah. Aromanya juga perlu diperhatikan. Umumnya kurma yang baik memiliki aroma yang khas. Kalau membeli kurma dalam kemasan, perhatikan tanggal kadaluarsanya juga.

    Menyimpan Kurma

    Kurma yang dijual di pasaran sangat beragam. Ada yang dijual dalam keadaan kering. Tapi ada juga yang dalam keadaan semi kering dan basah. Cara penyimpanannya sebenarnya nggak terlalu sulit, kok. Untuk kurma semi kering dan kering, kita bisa menyimpannya di suhu ruang, lemari es, maupun freezer. Sementara kurma kering dan semi kering umumnya bisa bertahan hingga setahun di lemari pendingin. Hanya saja untuk kurma basah sebaiknya simpan dalam wadah tertutup di freezer.

    Memasak Kurma

    Kalau mau mengolah kurma untuk dimasak, belah dahulu lalu keluarkan bijinya. Setelah itu, rendam dengan air panas sejenak sebelum mengirisnya agar lebih mudah saat diolah atau dicampurkan ke bahan makanan lain.



Nah itu dia tips seputar kurma yang perlu kita ketahui. Semoga infonya bermanfaat, Ladies!

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading