Sukses

Lifestyle

Agar Cokelat Tidak Mudah Meleleh, Begini Tips Menyimpannya!

Sebagai salah satu makanan yang sangat lezat dan memiliki banyak manfaat buat kesehatan, bisa dipastikan bahwa hampir sebagian besar orang suka dengan makanan satu ini. Ia adalah cokelat. Yap, cokelat merupakan salah satu makanan kesukaan yang terbilang sebagai salah satu jenis makanan yang cukup mewah dan harganya pun bervariatif mulai dari yang sangat mahal hingga yang cukup terjangkau.

Ketika membeli cokelat dan mengonsumsinya, tidak jarang dari kita yang mengonsumsi cokelat dengan cara sedikit demi sedikit. Bukan karena pelit, konsumsi sedikit demi sedikit ini juga dilakukan karena kalau konsumsi cokelat kebanyakan hal ini akan mengganggu kesehatan tubuh dan justru bisa memicu sakit seperti diabetes atau kolestrol. Selain dikonsumsi secara langsung, cokelat juga digunakan untuk mendekor kue dan camilan yummy lainnya. Untuk itu, tidak jarang cokelat akan disimpan dalam waktu yang lama.

Namun sayang, cokelat yang disimpan dalam waktu lama ini memungkinkan cokelat menjadi leleh. Apalagi, mengingat bahwa Indonesia adalah salah satu negara tropis yang cukup panas dan membuat cokelat lebih mudah leleh jika ia disimpan sembarangan. Lantas, gimana nih cara menyimpan yang benar cokelat agar ia tidak leleh dan warna serta rasanya pun tidak berubah?

Caranya mudah saja. Kamu cukup menyimpan cokelat di dalam ruangan dengan suhu antara 15 - 21 derajat celcius. Pada suhu ini, cokelat tidak akan mudah leleh. Ia pun juga tidak akan mudah berubah warna apalagi berubah rasa. Usahakan untuk menyimpan cokelat di dalam ruangan dengan kelembaban udara di bawah 50%. Pastikan bahwa cokelat tidak terkena sinar matahari langsung karena sinar matahari bisa memudahkan cokelat leleh dan cokelat menjadi tengik. Selanjutnya, usahakan agar cokelat tidak berada di dekat makanan atau benda yang memiliki bau menyengat dan simpan di wadah tertutup yang bersih.

Kalau kamu ingin cokelat awet keras dan tahan lama, kamu bahkan bisa menyimpannya di dalam lemari es. Tapi ingat, saat kamu memutuskan untuk menyimpan di dalam lemari es, pastikan bahwa kamu menyimpan cokelat di dalam wadah tertutup atau di plastik yang tertutup rapat. Kenapa? Karena, agar cokelat tidak tercemar oleh uap air yang lembab di dalam lemari es dan membuat cokelat mudah rusak.

Ladies, itulah tips sederhana menyimpan cokelat yang benar agar ia tidak mudah leleh. Gimana, tips yang sangat mudah bukan? Selamat mencoba tips menyimpan ini dan semoga informasi ini bermanfaat. Untuk kamu yang punya tips lain, jangan lupa share tips dan pengalaman kamu di kolom komentar ya?

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading