Sukses

Lifestyle

Agar Alat Makan Bebas Amis, Begini Cara Mencucinya

Masakan yang berbahan dasar ikan atau daging memanglah sangat lezat dan menggugah selera. Apalagi, jika masakan ini dimasak dengan bumbu yang kental dengan aroma yang kuat dan nendang. Tapi, masakan yang berbahan dasar ikan tidak jarang membuat peralatan masak juga peralatan makan menjadi sangat amis dan baunya juga sangat tidak sedap.

Meski sudah dicuci dengan sabun cuci piring yang katanya bisa mengatasi bau amis, tidak jarang peralatan makan ini akan tetap berbau amis setelah dicuci. Bahkan, peralatan ini tetap amis saat peralatan dapur ini telah kering. Lantas, gimana dong cara mencuci peralatan masak dan makan yang benar agar peralatan ini bebas amis? Dikutip dari berbagai sumber dan juga atas pengalaman sendiri, inilah beberapa cara yang bisa dilakukan agar peralatan makan bebas amis.

Tambahkan Air Jeruk Nipis atau Jeruk Limau ke Sabun
Cara pertama yang bisa membantu kamu dapatkan peralatan makan bebas bau amis adalah tambahkan air jeruk nipis atau jeruk pecel ke dalam sabun yang digunakan untuk mencuci. Aroma wangi pada jeruk akan membuat piring bebas amis dan lebih segar dari sebelumnya.

Bilas Piring atau Gelas Sebelum Disabun
Pastikan untuk membilas gelas atau piring dan peralatan makan lain sebelum disabun. Membilas ini dilakukan agar kotoran berupa sisa makanan dalam peralatan makan lekas hilang dan terangkat. Jika kotoran atau sisa makanan yang menyebabkan amis terangkat, ini akan membuat peralatan makan lebih mudah dibersihkan dan menjadikannya tak bau amis lagi.

Rendam Peralatan Makan yang Kotorannya Sudah Mengeras
Biasanya, rasa malas atau kesibukan lain menjadikan seseorang tak segera mencuci peralatan makan yang baru saja ia gunakan. Akibatnya, kotoran atau sisa makanan di peralatan makan ini akan mengering juga mengeras. Kalau hal ini terjadi, usahakan untuk merendam peralatan makan beberapa saat terlebih dahulu sebelum ia dicuci. Tujuannya, agar sisa makanan lebih mudah dibersihkan. Selain itu, merendam peralatan ini juga bisa mengurangi bau amis yang menempel.

Tambahkan Daun Kemangi atau Kulit Jeruk ke Sabun
Selain air jeruk nipis dan sejenisnya, agar peralatan dapur tidak berbau amis lagi adalah menambahkan daun kemangi atau kulit jeruk ke sabun cuci peralatan dapur. Remas-remas daun kemangi juga kulit jeruk lalu gunakan sebagai alat untuk mencuci peralatan dapur bersama sabun. Aroma wangi daun kemangi dan kulit jeruk ini akan membuat peralatan dapur beraroma lebih segar dan wangi meskipun baru saja dipakai untuk menyajikan ikan yang berbau amis.

Langsung Cuci Peralatan Makan Setelah Digunakan
Usahakan untuk segera mencuci peralatan makan sesaat setelah digunakan. Segera mencuci peralatan makan ini akan membuat peralatan makan lebih mudah dibersihkan dan kotoran dari sisa makanan juga bau amis ikan tak akan bertahan lama di peralatan makan.

Ladies, itulah beberapa cara mencuci peralatan makan agar ia bebas bau amis. Semoga, cara ini bermanfaat. Untuk kamu yang punya cara lain, jangan lupa buat share di kolom komentar ya?

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading