Sukses

Lifestyle

Jangan Asal Tebak, Ini 3 Cara Memilih Semangka Matang

Membeli dan memilih buah semangka bisa dibilang gampang-gampang susah. Mungkin kamu pernah punya pengalaman beli buah semangka yang besar dan berharap daging buahnya merah merona, tapi ternyata buahnya masih mentah. Memilih buah semangka tak cukup dilihat dari ukurannya saja, Ladies.

Setidaknya ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam memilih buah semangka. Mulai dari warna kulitnya, beratnya, dan juga suaranya jika diketuk dengan jarinya. Jadi nggak asal tebak saja. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

    Warna Kulitnya

    Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah warna kulitnya. Semangka yang matang biasanya memiliki area yang berwarna kuning pucat di kulitnya. Ini mengindikasikan kalau buah tersebut sudah dibiarkan di tanah untuk matang di bawah sinar matahari. Perhatikan juga garis hijaunya. Kalau warna garisnya hijau tua, semangka tersebut berarti matang. Perhatikan juga tangkainya, kalau tangkainya terlihat mengering dan saat ditarik perlahan bisa lepas, semangka sudah tua.

    Beratnya Terasa "Mantap"

    Coba angkat buah semangka yang mau dibeli. Kalau beratnya terasa mantap, besar kemungkinan semangka tersebut memang sudah matang. Saat beratnya terasa mantap berarti kandungan airnya banyak.

    Tepuk-Tepuk Permukaannya

    Kalau saat ditepuk, suara yang dihasilkan semangka masih bergema kencang besar kemungkinan semangka tersebut masih muda. Tapi kalau suara yang dihasilkan berbunyi "dung dung" atau "puk puk" yang tak begitu nyaring, semangka tersebut berarti sudah tua dan manis.

Nah, sudah siap untuk berburu semangka yang tua? Semoga info ini bisa membantu, Ladies.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading