Sukses

Lifestyle

Jangan Dibuang! Inilah 5 Manfaat Mengagumkan Kulit Jeruk

Siapa yang tak mengenal buah jeruk, dipastikan bahwa semua orang mengenal yang namanya buah jeruk. Buah sendiri pada dasarnya terdiri dari berbagai macam. Buah jeruk juga merupakan salah satu buah dengan aroma wangi yang khas dan kaya akan nutrisi berupa vitamin C dan vitamin lainnya. Oh iya, ngomongin soal jeruk, jika kamu mengkonsumsi buah jeruk. Usahakan untuk tidak membuang kulit buah jeruk. Karena apa? Karena ternyata, buah jeruk memiliki banyak manfaat.

Dikutip dari laman asiantown.net, manfaat tersebut tak hanya untuk dunia kesehatan atau kecantikan saja. Lebih jauh, kulit jeruk juga sangat bermanfaat untuk hal lain di rumah. Penasaran apa saja manfaat kulit jeruk? Berikut sedikitnya 5 manfaat dari kulit jeruk untuk kemudahan hari-hari kita di rumah.

    Pengharum Alami Ruangan

    Manfaat pertama dari kulit jeruk adalah sebagai pengharum alami. Meletakkan kulit jeruk di sudut ruangan rumah akan membuat udara di dalam ruangan menjadi lebih wangi dan segar. Terlebih lagi, jika kulit jeruk dikemas dalam wadah yang rongga udaranya banyak dan diletakkan di dekat kipas angin atau AC. Tapi ingat, wangi dari kulit jeruk hanya bisa bertahan 1 hari saja. Lebih dari itu, bisa saja kulit jeruk telah busuk dan baunya justru tidak enak.

    Mengusir Serangga

    Bau kulit jeruk yang cukup menyengat namun segar dipercaya bisa membuat serangga yang ada di rumah tak betah. So, jika kamu ingin serangga di rumah pergi dan tak kembali lagi, letakkan saja kulit jeruk di tempat-tempat yang memungkinkan ditempati atau disukai oleh serangga.

    Menetralisir Bau Tak Sedap

    Aroma wangi pada kulit jeruk dipercaya bisa menetralisir bau tak sedap yang ada di rumah. Biasanya, ruangan di rumah yang rentan mengalami bau tak sedap adalah kamar mandi dan dapur. Untuk menetralisirnya, letakkan saja kulit jeruk di ruangan-ruangan tersebut ya.

    Membersihkan Oven

    Manfaat selanjutnya dari kulit jeruk adalah membersihkan oven. Saat Ramadan seperti ini, biasanya tidak sedikit orang yang ramai-ramai membuat kue kering. Dan ketika membuat kue kering ini, pastinya memerlukan oven bukan? Karena sering dipakai, tidak jarang oven akan rentan mengalami kotor. Solusi untuk mengatasi oven kotor sendiri adalah memanfaatkan kulit jeruk. Gosok-gosokkan kulit jeruk yang masih segar pada oven yang kotor lalu dengan kain lap bersih. Oven pun akan semakin bersih.

    Mengatasi Stres

    Manfaat kelima dari kulit jeruk adalah mengatasi stres. Bagaimana bisa kulit jeruk mengatasi stres? Jadi begini, aroma wangi pada kulit jeruk lah yang dipercaya bisa menenangkan pikiran, menjadikan pikiran lebih fresh dan mengatasi stres. So, tidak heran kan kenapa banyak aroma terapi yang dibuat dengan bahan dasar kulit atau setidaknya berasa jeruk?


Ladies, itulah beberapa manfaat dari kulit jeruk. Bagaimana, manfaat yang sangat mengejutkan dan mengagumkan bukan? Semoga informasi ini bermanfaat. Well, jika punya kulit jeruk di rumah, jangan langsung dibuang ya. Kamu bisa kok memanfaatkannya menjadi berbagai hal yang berguna di rumah.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading