Sukses

Lifestyle

Mudah Dan Cepat, Ini Tips Untuk Membersihkan Kulkas Di Rumah

Kulkas adalah salah satu tempat penyimpanan berbagai jenis makanan dan minuman, baik yang kemasan maupun makanan atau minuman  segar yang sangat berpotensi menyimpan kuman maupun bakteri. Karena hal inilah, maka penting untuk membersihkan kulkas minimal dua bulan  sekali untuk menjaga agar kulkas tetap dalam kondisi higienis.

Sayangnya, membersihkan kulkas tergolong dalam salah satu tugas rumah tangga yang cukup melelahkan. Terlebih jika Anda terbiasa membiarkan makanan atau minuman berada di dalam kulkas selama berbulan-bulan (duh!)

Tapi, tidak perlu khawatir. Tips yang telah dirangkum dari laman timesofindia.com, berikut ini, bisa membantu Anda untuk lebih mudah membereskan sekaligus membersihkan kulkas. Yuk, simak.

  • Kosongkan. Sebelum dibersihkan, kosongkan semua benda dari kulkas. Sortir produk-produk yang sudah kedaluwarsa dan masih bagus. Meskipun masa kedaluwarsa belum habis, tapi sudah berbau tidak enak, sebaiknya juga disingkirkan. Mengosongkan isi kulkas akan memudahkan Anda membersihkan dan merapikan kulkas.
  • Bersihkan Rak dan Laci. Agar bersih maksimal, jangan lupa lepaskan rak serta laci kulkas, lalu sikat menggunakan spons di setiap sisinya. Siapkan air hangat yang telah diberi sabun, lalu celupkan spons dan gunakan untuk menyikat rak serta laci kulkas. Taburkan baking soda pada noda yang tidak bisa hilang hanya dengan sabun, kemudian sikat kembali menggunakan spons dan bilas.
  • Keringkan. Setelah selesai dibersihkan, jangan langsung memasukkan makanan ke dalam kulkas. Sangat penting untuk mengeringkan sisa-sisa pembersih dan kotoran agar kuman tidak betah berlama-lama di tempat lembap. Setelah itu tempatkan kembali rak ketika bagian dalam kulkas benar-benar kering.
  • Berikan Pewangi. Untuk mengusir bau tak sedap dari kulkas, usap bagian dalam kulkas menggunakan kain lap yang telah disemprotkan cairan pembersih. Anda juga bisa menggunakan paper towel yang telah dibasahi air dengan beberapa tetes ekstrak vanilla.
  • Atur Posisi Makanan. Saatnya menata kembali isi kulkas! Pastikan  untuk  memisahkan beberapa jenis makanan agar tidak terjadi kontaminasi silang (bakteri dari satu makanan menyebar ke makanan lain, dan sebaliknya).


Nah, itulah beberapa tips untuk membersihkan dan membereskan kulkas. Penting untuk diingat agar Anda tidak malas dalam membersihkan kulkas demi menjaga kebersihan dan kesehatan makanan yang Anda konsumsi ya, Ladies. Semoga bermanfaat.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading