Diet dengan Steak Sehat

Rabu, 13 Juli 2011 07:00



(c) steakbranding Vemale.com - Berikut tip cara memanggang daging yang sehat dan tepat ala Chef Arturo dari Benjamin Steakhouse di New York, Amerika Serikat.

Chef Arturo McLeod dari Benjamin Steakhouse di New York, AS, telah membuat menu steak lebih dari 30 tahun. Ia membagi pengalamannya pada pecinta steak yang bukan hanya menikmati serunya kegiatan memanggang, tapi juga penikmat kuliner jenis ini.

Yang jelas, steak daging, ikan ataupun ayam milik Chef Arturo sudah teruji kelezatannya. Tip sehat yang bisa FITNESS ingatkan adalah menambah porsi sayuran pendamping steak yang memberi tambahan serat agar Anda tak sembelit. Lewatkan dulu karbohidrat yang ada dalam salad kentang dan salad pasta. Nutrisionis Dawn Jackson Blatner, RD, LDN, menyarankan untuk menggantinya dengan buah-buahan seperti pisang bakar, nanas atau buah peach untuk memberi rasa manis di lidah. Buah-buahan yang dipanggang tak hanya memberi rasa manis alami, tapi juga memberi manfaat sehat dan berfungsi mengganti dessert. Anda pun bebas dari rasa bersalah saat memanggang daging. Ikuti tip cara panggang dengan berbagai jenis daging.

Steak Daging

1. Saat membeli daging merah (sapi atau kambing) pilih bagian sirloin, T-bone atau strip (bagian daging yang dekat dengan sirloin atau rib eye).

2. Idealnya, potongan daging harus memiliki lapisan lemak yang tipis di antara daging. Mungkin ini terdengar kontradiktif dengan makanan sehat yang didengungkan FITNESS. Namun, lemak itu penting untuk membuat steak lezat. “Lemak bikin daging terasa lembut dan empuk,” ucap Chef Arturo.

3. Rendam daging dalam bumbu sehari sebelum dimasak, sehingga daging jadi empuk dan bumbu meresap. Bubuhi daging dengan garam, lada dan minyak zaitun semalaman. Chef Arturo menggunakan banyak saus untuk membuat steak lebih harum dan lezat, termasuk bubuk garlic (bawang putih), rempah-rempah dan oregano.

4. Untuk daging yang setengah matang (medium rare), panggang daging selama 3,5 menit setiap sisinya. Namun, ini juga tergantung pada tingkat ketebalan steak.

Steak Ikan

1. Jenis ikan yang baik untuk dipanggang adalah tuna, salmon dan kerapu.

2. Lumuri ikan dengan saus buatan sendiri: campur 6 sendok makan kecap manis, 4 sendok teh minyak zaitun, 1 sendok makan air lemon, garam, lada hitam, dan 950 ml air.

3. Letakkan ikan di atas panggangan yang sudah dilapisi daun pisang/alumunium foil dan lumuri dengan saus racikan tersebut sambil dipanggang.

4. Ikan sudah matang jika daging bagian tengah mudah pecah saat ditekan dan warnanya sudah berubah.

Steak Ayam

1. Agar ayam matang secara merata, taruh potongan daging ayam dalam air mendidih di panci dan bubuhi dengan garam dan lada selama 5-10 menit.

2. Angkat daging ayam dari panci dan lumuri dengan saus atau campuran garam, lada dan saus adobo (campuran bubuk cabe, oregano, garam, bawang putih, dan cuka). Panggang di atas pemanggang selama 20 menit, bolak-balik ayam selama 3 menit.

3. Lumuri daging ayam dengan saus barbeque sebelum di angkat dari pemanggang. Pilih saus yang tidak mengandung gula tinggi dan cari saus yang mengandung pasta tomat sebagai bahan utamanya.

4. Cara terbaik untuk mengetahui ayam sudah matang dengan memakai thermometer khusus memasak. Temperatur harus mencapai 75 derajat Celcius.

Source: Fitness Magazine, Edisi Juni 2011, Halaman 104

(Fitness/miw)







ARTIKEL TERKAIT - TIPS DAPUR
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Libra

29 September - 5 Oktober
Khawatir akan masa depan memang sah-sah saja Ladies namun Anda harus...