Sukses

Parenting

Perabotan Jadi Cepat Rusak Karena 4 Kesalahan Saat Bersih-Bersih

Urusan bersih-bersih rumah yang dilakukan setiap hari, mungkin terkesan sepele. Tapi cara yang tidak tepat justru akan membuat perabotan atau furnitur di rumah jadi cepat rusak. Disebutkan dalam laman www.womansday.com, berikut empat kesalahan yang paling sering dilakukan saat membersihkan rumah dan cara yang benar untuk memperbaikinya.

  • Menggosok Cairan yang Tumpah ke Karpet. Cara yang umum kita gunakan saat  membersihkan kopi, teh atau sirup yang tumpah ke karpet adalah dengan menggosok-gosoknya menggunakan kain. Tapi itu adalah kesalahan besar. Menggosok akan merusak serat kain karpet dan noda dari tumpahan justru melebar. Sekali rusak, biasanya akan permanen dan tidak bisa diperbaiki lagi. Menurut ahli tekstil Bruce Vance, cara membersihkan tumpahan pada karpet yang tepat adalah dengan mengeringkan cairan yang masih tersisa menggunakan sendok. Kemudian tekan-tekan area yang terkena tumpahan dengan kain bersih atau tisu kamar mandi hingga kering. Setelah itu baru gunakan cairan pembersih kain atau deterjen seperti biasa.
  • Membersihkan Jendela di Siang Hari. Kebiasaan membersihkan jendela pada siang hari sebaiknya tidak dilakukan lagi. Sebab, saat terkena panas matahari, cairan pembersih yang digunakan akan mengering terlalu cepat dan meninggalkan noda pada kaca. Saran dari Liz Trotter, pemilik sebuah brand pembersih perabotan asal Amerika, pilihlah saat cuaca mendung atau berawan saat membersihkan jendela. Semprotkan cairan pembersih, diamkan selama beberapa menit lalu gunakan spons untuk menggosokkan cairan ke jendela.
  • Menggunakan Cuka atau Air Lemon untuk Membersihkan Seluruh Perabot. Cuka dan air lemon merupakan pembersih alami yang bisa digunakan. Tapi bukan berarti aman untuk semua perabotan. Kedua bahan tersebut mengandung zat asam yang bisa merusak perangkat terbuat dari material alam seperti marmer, batu kapur dan onyx. Penggunaan cuka atau air lemon bisa mengikis permukaan batu dan menjadikannya kusam. Untuk perabotan dari bebatuan alam, tetap gunakan pembersih di pasaran yang memang dirancang untuk membersihkannya.
  • Memakai Alat Pembersih yang Salah. Spons umumnya memiliki dua sisi yang berbeda. Sisi hijau bertekstur kasar, sementara kuning lebih halus. Seringkali kita menggunakan sisi yang salah dalam membersihkan perabotan. Bagian berwarna hijau berfungsi untuk membersihkan kotoran yang sudah diangkat seperti pada bagian bawah wajan atau panci. Membersihkan perabot dari plastik atau keramik dengan spons ini akan meninggalkan bekas goresan di permukaannya. Sementara bagian spons yang berwarna kuning untuk membersihkan kotoran di permukaan yang lebih halus. Seperti piring, bagian atas wajan/panci, perabot plastik, kaca dan keramik.


Nah, itulah beberapa kesalahan dalam membersihkan rumah yang justru bisa merusak perabotan rumah. Catat dan pastikan untuk tidak melakukannya agar perabotan di rumah tetap awet ya, Ladies!

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading