Sukses

Lifestyle

Cara Mudah Agar Jahe Segar Lebih Lama Dan Tidak Tumbuh

Jahe merupakan salah satu rempah yang bisa membuat rasa masakan menjadi lebih lezat nan nikmat. Tak hanya itu saja, jahe juga merupakan salah satu rempah yang bisa dibuat menjadi minuman hangat pelega tenggorokan serta penyegar tubuh. Karena itulah, tidak jarang kita akan membeli jahe dalam jumlah yang banyak. Hitung-hitung, biar lebih hemat dan tidak repot harus beli jahe bolak-balik sih. Namun, jika jahe ini tak dimasak atau dibuat minuman dalam waktu yang lama, tidak jarang jahe akan kering atau bahkan tumbuh tunas.

Lantas, gimana dong agar jahe tetap awet, segara lebih lama dan tidak tumbuh tunas? Tentunya, kita harus menyimpan jahe ini dengan baik. Kali ini, Vemale punya cara mudah menyimpan jahe agar segar lebih lama dan tidak tumbuh. Kira-kira, seperti apa cara mudahnya? Simak ulasannya berikutĀ ini.

    Beli Jahe Yang Masih Segar

    Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membeli jahe yang masih segar. Pilih jahe yang berwarna kekuning-kuningan serta sedikit berwarna pink. Jahe ini biasanya masih segar dan kesegarannya bisa bertahan selama dua minggu ke depan. Jahe ini biasanya juga memiliki kualitas yang cukup baik.

    Cuci Bersih Jahe

    Setelah membeli jahe yang masih segar, cucilah jahe dengan air bersih sampai kotoran yang menempel benar-benar bersih. Setelah dicuci bersih, agar jahe tidak busuk saat disimpan. Lap jahe dengan kain atau handuk tak terpakai. Jika malas mengelap, kamu bisa menjemurnya sebentar saja sampai air bekas cucian kering. Jangan menjemur terlalu lama karena ini bisa membuat jahe kering dan keriput.

    Masukkan Jahe ke Kantong Kertas

    Selanjutnya, kamu bisa menyimpan jahe ini di dalam kantong kertas yang bersih. Kantong kertas akan menjaga kelembaban jahe dengan baik. Setelah tersimpan di kantong kertas, masukkan ke dalam kantong plastik.

    Simpan di Rak Sayur Kulkas

    Simpan jahe di dalam rak sayur kulkas. Di rak sayur inilah, kesegaran jahe akan terjaga. Meski telah disimpan dalam waktu yang lama, jahe akan tetap segar. Ia juga tak akan tumbuh tunas. Kamu juga tak perlu khawatir jahe akan busuk.


Ladies, itulah tips menyimpan jahe agar tetap segar dan tak tumbuh tunas. Gimana, cara yang sangat mudah bukan? Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat mencoba.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading