Sukses

Lifestyle

Ups, Kena Luka Bakar Ringan Saat Memasak? Ini Pertolongan Pertamanya

Saat memasak di dapur, biasanya ada saja hal-hal yang membuat kita cedera. Mulai dari cedera ketika menggunakan pisau hingga kena luka bakar akibat api kompor atau menyentuh panci panas. Tapi nggak perlu keburu panik saat kita mengalami cedera ketika memasak, khususnya saat terkena luka bakar ringan.

Dilansir dari laman tipnut.com, ada bahan-bahan dapur yang bisa kita gunakan sebagai pertolongan pertama mengatasi luka bakar ringan. Saat kita mengalami luka bakar ringan, seperti kulit melepuh karena menyentuh wajan yang masih panas, segera kucurkan air mengalir (seperti air keran) ke area kulit yang terluka. Setelah itu, gunakan salah satu dari bahan-bahan dapur di bawah ini.

    Putih Telur

    Ambil bagian putih telur. Lalu, oleskan ke area kulit yang terbakar. Biarkan mengering, setelah itu oleskan lagi bila perlu. Cara ini dipercaya bisa mencegah kulit melepuh makin parah.

    Kantung Teh

    Kandungan tannin dalam teh diyakini sebagai zat penyembuh. Ambil kantung teh, celupkan ke air dingin beberapa kali. Kemudian kompres area yang terkena luka bakar ringan dengan kantung teh tersebut.

    Kentang Mentah

    Ambil irisan kentang atau parut kentang. Lalu aplikasikan ke area yang melepuh.

    Cuka


    Cuka putih atau cuka apel bisa digunakan untuk mengatasi kulit melepuh. Oleskan cuka ke area yang melepuh atau bisa juga ambil kain bersih dan celupkan ke cuka, kemudian aplikasikan ke area yang terluka. Cara ini diyakini bisa mencegah infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

    Baking Soda

    Campurkan baking soda dan air secukupnya hingga membentuk pasta. Oleskan ke area kulit yang melepuh secukupnya. Ketika kering, bilas hingga bersih.

    Gel Lidah Buaya

    Inilah gunanya menanam tumbuhan lidah buaya di rumah. Untuk mengatasi melepuh akibat luka bakar ringan, ambil gel lidah buaya secukupnya. Lalu aplikasikan ke area yang terluka.

Ladies, hindari menggunakan mentega untuk mengatasi luka bakar ringan, ya. Kenapa? Karena mentega atau margarin malah bisa membuat panas jadi terperangkap di bawah kulit. Akibatnya malah bisa membuat cedera makin parah.

Perlu dicatat kalau cara-cara tersebut hanya berlaku untuk mengatasi luka bakar ringan. Misalnya, kulit melepuh karena memegang benda panas. Untuk luka bakar yang sedang atau parah, ada baiknya untuk segera menghubungi dokter.

Semoga info ini bermanfaat!

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading