Sukses

Lifestyle

Awas Kontaminasi Silang, Bersihkan dan Pisahkan Peralatan Masak Anda Saat Memotong Daging

Apakah Anda sedang bersiap memotong daging beserta bahan-bahan makanan lainnya yang telah Anda beli untuk diolah menjadi menu masakan hari ini? Jika ya, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan dalam pengolahan bahan-bahan makanan ini. Salah satu hal penting yang perlu Anda perhatikan saat bersiap mengolah bahan-bahan makanan seperti daging dan bahan makanan lainnya adalah menjaga kebersihan.

Menjaga kebersihan Anda maupun alat-alat yang Anda gunakan saat mengolah daging atau bahan makanan lainnya untuk menjadi menu masakan sangatlah krusial. Hal ini bertujuan untuk menghindari kontaminasi silang dari daging dengan bahan masakan yang lain.

Seperti dilaporkan laman mideastfood.about.com, kontaminasi silang adalah kontaminasi yang terjadi ketika Anda menggunakan alat yang sama untuk memotong daging denganĀ  memotong bahan masakan lainnya, sayuran, misalnya.

Untuk menghindari kontaminasi silang ini cukup mudah kok. Pertama, cucilah tangan Anda sebelum mengolah daging. Kedua, cucilah peralatan yang akan Anda gunakan untuk mengolah daging dengan air hangat. Ketiga, gunakan talenan dan pisau yang berbeda untuk memotong daging dan bahan masakan lainnya.

Menghindari kontaminasi silang saat mengolah daging atau bahan masakan lainnya ini penting. Pasalnya, jika Anda tidak benar-benar memperhatikannya kontaminasi silang akan berakibat pada keracunan makanan yang mungkin saja akan berdampak fatal pada kesehatan Anda. Nah, Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi bukan?

So, pastikan untuk menjaga kebersihan dan tidak menggunakan peralatan yang sama untuk memotong daging dan bahan makanan lainnya! Semoga bermanfaat.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading