Sukses

Lifestyle

Mentega Disimpan di Kulkas, Perlukah?

Untuk memperpanjang umur makanan, biasanya banyak ibu akan menyimpan bahan makanan di kulkas karena dipercaya bisa membuat makanan tahan awet lama dan tidak mudah busuk, tapi terkadang cara menyimpan makanan di kulkas itu salah. Ada beberapa makanan yang sebaiknya tak usah disimpan di kulkas seperti misalnya bawang, kentang dan tomat.

Lalu bagaimana dengan mentega, perlukah disimpan di kulkas? Dikutip dari thekitchn.com, mentega tak perlu disimpan di kulkas dan cukup simpan di suhu ruangan. Mentega yang lebih dari 80% terbuat dari lemak, tidak akan meleleh seperti es jika ditaruh di suhu ruangan.

Mentega juga memiliki kandungan air yang sangat sedikit, bahkan hampir tidak ada, sehingga sulit bagi bakteri berkembang di dalam mentega. Hal ini membuat mentega secara alami akan tahan lama meski tidak disimpan di kulkas. Kombinasi lemak dan sedikitnya air sudah sangat sempurna bagi mentega sehingga tak memerlukan bantuan kulkas lagi.

Tapi mentega yang dibiarkan di suhu ruangan terlalu lama juga akan mengalami perubahan rasa, apalagi jika tempatnya lembab. Jadi, simpan mentega di tempat yang sejuk dan selalu bungkus rapat mentega. Bisa juga dimasukkan ke dalam sebuah toples. Hindari tempat yang terkena sinar matahari langsung karena panas matahari berlebih akan membuat mentega leleh.

Selama tempat untuk menyimpan mentega bersih dan tidak bercampur dengan bahan atau bumbu dengan bau menyengat, mentega akan baik-baik saja tanpa disimpan di kulkas.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading