Sukses

Lifestyle

Trik Mengubah Beras Kualitas Rendah Jadi Berkualitas Bagus Putih Bersih Secara Alami Dengan Jeruk

Nasi adalah makanan pokok orang Indonesia, bahkan dikatakan, kalau tidak makan nasi belum makan. Mengerti betapa pentingnya peran nasi dalam kehidupan sehari-hari, pastinya di rumah tidak akan pernah ketinggalan memasak nasi bukan? Tapi ada banyak jenis beras dan berbagai macam harga tergantung kualitasnya.

Bagi anak kos, memilih beras dengan kualitas bagus tapi dengan harga 'rasional' itu agak sulit, lalu bagaimana caranya tetap makan nasi bagus tanpa harus mengeluarkan uang banyak? Berdasarkan pengalaman pribadi dari teman kos, caranya cukup simpel, yaitu membeli beras dengan kualitas sedang atau biasa saja, yang warnanya kusam pun tak masalah.

Masalahnya, ketika dimasak, beras dengan warna kusam ini tidak terlihat menarik karena warnanya tidak putih bersih, melainkan kuning kusam. Nah, di sini lah kamu butuh yang namanya jeruk nipis. Bukan hanya bisa membersihkan peralatan makan dan lain sebagainya, jeruk nipis juga bisa memutihkan beras.

  1. Caranya pertama, saat mencuci beras, tuang perasan jeruk nipis di beras dan cuci bersih seperti biasa. Ulangi beberapa kali hingga beras terlihat bersih.
  2. Cara kedua, tuang sedikit air pada beras yang akan dimasak, tak sampai terendam. Kemudian beri air perasan jeruk nipis pada beras, aduk rata pada beras. Biarkan hingga kurang lebih 10-15 menit, lalu bilas bersih.

Setelah mencuci beras, beras bisa dimasak seperti biasa. Kamu akan melihat perbedaannya. Beras yang tadinya berwarna kuning kusam pasti akan menjadi lebih putih dari sebelumnya. Semoga bermanfaat.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading