Sukses

Lifestyle

Tips Praktis Hilangkan Bau Tak Sedap di Dapur

Sebagai tempat untuk mengolah berbagai macam bahan makanan, dapur merupakan salah satu tempat yang rentan menyimpan berbagai aroma. Dan salah satu aroma yang kerap berada di dapur adalah aroma tak sedap dari sisa bahan masakan ataupun makanan yang memang sudah basi. Bau tak sedap juga kerap muncul dari berbagai bahan makanan yang memiliki bau menyengat seperti ikan, bawang, terasi, petai dan masih banyak lagi.

Untuk menghilangkan bau tak sedap ini, tidak sedikit orang yang menggunakan pengharum ruangan di dapur. Tapi tahukah Anda, tidak sedikit pengharum ruangan yang mengandung senyawa kimia di dalamnya dan bisa sangat berbahaya jika mengenai makanan. Jika Anda ingin dapur tetap harum dan bau tak sedap hilang, Vemale memiliki tips praktis agar bau tak sedap di dapur hilang. Tips tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

    Baking Soda Untuk Usir Bau Wastafel

    Untuk membersihkan wastafel yang kotor dan bau, Anda bisa memanfaatkan baking soda. Caranya sangatlah mudah, bersihkan wastafel dengan sabun cuci dan sikat hingga bersih. Jika sudah, bilas wastafel. Tuang satu sendok baking soda di pipa saluran air wastafel dan diamkan kira-kira selama 30 menit hingga 1 jam. Jika sudah, siram wastafel dengan air panas atau air hangat. Bau tak sedap dari wastafel pun akan hilang.

    Kopi Untuk Usir Bau Amis

    Setelah mengolah ikan atau daging, bau amis kerap kali tercium di dapur. Tidak jarang, bau amis ini juga akan bertahan selama beberapa waktu di dapur. Anda tak perlu khawatir, karena bau amis bisa dihilangkan dengan memanfaatkan kopi. Cara mengusir bau amis dengan kopi sangatlah mudah. Rebus air hingga mendidih lalu tuang dua sampai tiga sendok kopi di air. Aroma kopi inilah yang akan membuat bau amis di dapur hilang. Jika Anda ingin perabot dapur juga terbebas dari bau amis, Anda pun bisa merebus kopi di perabot tersebut. Atau, Anda bisa menaburkan bubuk kopi ke perabot tersebut sebelum mencucinya.

    Arang Usir Bau Tak Sedap Sampah

    Ketika Anda meletakkan tempat sampah di dapur, bisa dipastikan dapur Anda akan bau tak sedap. Agar sampah tidak berbau, cobalah untuk memanfaatkan arang. Letakkan beberapa potong arang di tempat sampah. Maka, bau tak sedap pada tempat sampah perlahan akan berkurang. Tapi ingat, agar sampah tidak bau, pastikan untuk membuangnya secara teratur setiap hari. Letakkan sampah di dekat pintu atau tempat yang terbuka.


Itulah tips praktis menghilangkan bau tak sedap dari ruang dapur. Saat dapur bersih dan harum, acara memasak pun akan semakin menyenangkan. Selain tips di atas, agar dapur wangi dan segar, gunakan kulit jeruk atau lemon untuk pengharum ruangan. Pastikan bahwa ventilasi dapur juga baik. Simpan bahan makanan dengan baik dan jangan biarkan bahan makanan busuk dan segera cuci perabot kotor. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba tips ini ya.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading