Sukses

Lifestyle

Tips Membersihkan Wajan Tanpa Sabun Agar Tak Mudah Berkarat

Banyak sekali peralatan dapur yang terbuat dari besi atau logam yang mudah berkarat, seperti misalnya wajan atau penggorengan dan panci. Karena seringnya dipakai, mungkin Anda tidak akan mengalami kejadian wajan berkarat. Namun sebenarnya cara Anda membersihkan peralatan dapur dari besi selama ini salah lho.

Ada cara khusus membersihkan wajan atau penggorengan yang sebaiknya Anda perhatikan mulai sekarang. Wajan tidak boleh dibersihkan dengan sabun, penggosok besi atau direndam dengan air dalam waktu lama. Hal ini bisa merusak wajan dan tidak enak ketika dipakai.

Jika Anda mencucinya memakai sabun, seringkali akan timbul bercak putih pada wajan setelah kering. Hal ini juga bisa membuat rasa makanan berubah karena masih ada partikel sabun di wajan. Jika Anda membersihkan kerak di wajan dengan penggosok besi atau kawat, hal ini bisa mengikis wajan. Sedangkan jika Anda merendamnya agar kerak mudah dibersihkan, saat dipakai untuk menggoreng, biasanya makanan akan lengket di wajan.

Nah, untuk menghindari ketiga hal di atas, ada cara membersihkan wajan yang aman dan simpel yang bisa menjaga wajan dengan baik bahkan menjaganya tidak mudah berkarat, yaitu dengan garam dan minyak.

copyright by thekitchn.com

Langkah-langkah membersihkan wajan:

  1. Bersihkan wajan dari makanan yang tersisa segera setelah digunakan, ketika masih panas atau hangat. Hindari menggosok kerak yang menempel di wajan dengan spatula. Tidak perlu juga direndam dengan air.
  2. Tuangkan air panas pada wajan dan gunakan sikat untuk membersihkan kerak yang menempel hingga bersih. Buang airnya.
  3. Jika kerak masih sulit dibersihkan, ambil 1 sdm garam kasar dan air hangat. Gosok pada wajan dengan sponge atau kain cuci piring hingga bersih. 
  4. Keringkan wajan yang sudah dibersihkan dengan memanaskannya di atas kompor dengan api kecil.
  5. Ambil sedikit minyak goreng yang masih baru, oles merata pada wajan yang sudah dibersihkan untuk membuatnya tak lengket saat dipakai lagi dan mencegahnya berkarat.

copyright by thekitchn.comNah, simpel kan? Anda tak perlu membersihkannya dengan sabun atau merendamnya lagi mulai sekarang.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading