Sukses

Lifestyle

2 Tips Menyimpan Tomat Agar Awet Tahan Lama

Setiap sayuran perlu diperlakukan dengan berbeda, termasuk tomat. Tomat memiliki banyak nutrisi yang sayang jika dibiarkan membusuk di dapur. Jika kebetulan Anda membeli banyak buah tomat dan takut busuk, ada cara terbaik untuk menyimpannya agar tahan lama.

Mencegah agar tidak busuk
Untuk menjaga tomat tidak mudah busuk, jangan memetik atau membuang bagian pangkal tomat yang ditutupi oleh tangkainya yang hijau. Biarkan tomat tetap memiliki tangkai hijau. Memetiknya hanya akan membuat tomat cepat busuk karena sama dengan "melukai" tomat, sehingga bakteri mudah masuk dan berkembang biak membusukkan tomat.

Jangan disimpan di kulkas
Tomat sebaiknya tidak disimpan lama di kulkas atau sebaiknya tak usah disimpan di kulkas sama sekali karena kelembaban di dalam kulkas justru bisa membuat tomat cepat busuk. Simpan tomat di wadah terbuka dan sejuk, atau lapisi dengan kertas pada bagian bawah wadah. Biarkan tomat diangin-anginkan sehingga memperlambat proses kematangan tomat.

Nah, itu dia dua tips yang bisa Anda terapkan untuk menyimpan tomat tidak mudah busuk. Jangan dipetik tangkainya dan tak perlu disimpan di kulkas.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading