Sukses

Lifestyle

Supaya Keju Tak Berjamur, Simpan dengan Cara Ini!

Anda penggemar keju? Keju dengan rasanya yang khas dan kandungan gizinya menjadi favorit banyak orang. Berbagai olahan kue dan makanan jadi terasa lebih mantap dengan menambahkan keju. Hanya saja jangan sampai keju yang digunakan sudah berjamur, ya Ladies.

Keju memang merupakan hasil fermentasi dari susu, kabarnya semakin tua, semakin nikmat rasanya. Tetapi kalau saat menyimpan ia ditumbuhi jamur berwarna kehijauan atau kekuningan, tentu saja ia tak bisa lagi dimakan. Apalagi kalau rasanya kemudian berubah dan menjadi masam tidak lagi lezat, keju ini memang sebaiknya dibuang.

Nah, agar tidak mubazir dan membuatnya terbuang, yuk ikuti beberapa tips agar keju bisa tahan lama dan tak ditumbuhi jamur berikut ini.

Pembelian

  1. Sebelum membeli, pastikan keju terbungkus dan tersegel dengan benar. Jangan dibeli bila kemasan sudah rusak atau terbuka.
  2. Hindari keju yang terlihat kering dan sudah berubah warna, sekalipun ia masih dalam kemasan atau segel.
  3. Periksa tanggal kesegaran keju sehingga Anda bisa tahu kapan ia boleh dikonsumsi.
  4. Gosok semua jenis keju Amerika seperti Grey, Bleu, Washed Rind dengan menggunakan minyak zaitun atau canola. Fungsinya adalah membuat mereka tetap awet dan tahan lebih lama.

Penyimpanan
Menyimpan keju lebih baik diletakkan di sebuah wadah yang bersih dan kering, dibungkus dengan tisu makan atau kain lembut dan tipis. Berikan sedikit ruangan untuk keju bernafas, kemudian simpan di dalam lemari es. Wadah sebaiknya terbuat dari plastik saja.

Apa yang Dilakukan Jika Sebagian Permukaan Keju Ditumbuhi Jamur?
Beberapa keju yang berjamur ada yang masih bisa dimakan. Cara mengetahuinya adalah mengecek perubahan aroma dan rasa. Bila aroma dan rasa tidak berubah, maka buang bagian yang berjamur, kemudian aplikasikan minyak zaitun atau canola dan simpan di wadah yang berbeda dari wadah semula. Untuk menghindari jamur berkembang, sebaiknya simpan keju di dalam kemasan plastik tertutup yang kedap udara.

Selain mengikuti cara-cara di atas, ada sejumlah hal penting yang perlu Anda perhatikan, Ladies. Pertama, hindari menyimpan keju di ruangan terbuka, selain keju bisa dimakan oleh serangga, keju juga mudah sekali berjamur. Kedua, hindari menyimpan keju di dalam kulkas tanpa perlindungan plastik kemasan, karena akan mengubah tekstur keju dan membuatnya menjadi beku sehingga sulit dikonsumsi.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading