Sukses

Lifestyle

Tips Praktis Menggoreng Bawang Goreng Agar Renyah Dan Tahan Lama

Bawang goreng merupakan salah satu bumbu masakan yang bisa membuat cita rasa masakan menjadi lebih lezat dan gurih. Di Indonesia, bawang goreng menjadi salah satu bahan makanan yang cukup penting karena rasanya yang memang gurih.

Biasanya, makanan yang sering ditaburi dengan bawang goreng adalah soto, bakso, mie goreng, kari ayam, semur, nasi uduk, ayam goreng dan masih banyak lagi. Pada dasarnya, semua orang bisa membuat bawang goreng sendiri di rumah. Tapi sayang, tidak semua orang bisa membuat bawang goreng yang renyah dan tahan lama.

Lalu, bagaimana untuk membuat bawang goreng yang renyah dan tahan lama? Kali, ini Vemale akan memberikan tips praktis membuat bawang goreng yang renyah dan tahan lama. Simak baik-baik tips berikut ini ya.

    Pilih Bawang Berkualitas

    Pilihlah bawang yang berkualitas baik. Usahakan untuk memilih bawang yang masih segar dan ukurannya sedang (jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil.

    Iris Tipis Bawang

    Iris tipis bawang yang akan digoreng. Agar tipis bawang rata, gunakan alat khusus untuk memotong bawang. Saat ini sudah tersedia banyak alat yang memang khusus digunakan memotong bawang atau bahan masakan lain agar ukurannya sama dan renyah saat digoreng.

    Taburkan Garam Dan Tepung

    Agar bawang goreng lebih gurih, taburkan sedikit garam di atasnya lalu aduk rata. Usahakan untuk pelan-pelan saat mengaduknya agar bawang tidak hancur. Taburi pula dengan tepung kanji atau tepung beras sedikit saja. Hal ini akan membuat bawang menjadi renyah dan tidak hancur. Perbandingan untuk garam, tepung dan bawang adalah 1:1. 1 sendok garam, 1 sendok tepung dan 1 kilo gram bawang.

    Api

    Pastikan untuk menggoreng bawang dengan api ukuran sedang. Jangan menggoreng dengan api besar karena hal ini akan menjadikan bawang goreng mudah gosong. Jika Anda khawatir bawang gosong dengan api sedang, Anda bisa menggorengnya dengan api kecil. Tapi ingat, menggoreng dengan api kecil bisa memakan waktu yang cukup lama hingga bawang goreng benar-benar matang dan renyah.

    Simpan di Wadah Kedap Udara

    Agar bawang goreng tidak mudah layu, simpan bawang goreng di wadah yang kedap udara. Setelah diangkat dari penggorengan, angkat bawang goreng lalu tiriskan di wadah yang sudah dilapisi tisu atau kertas koran. Biarkan hingga dingin lalu masukkan ke wadah.

    Anda bisa menggunakan toples untuk bawang yang digunakan sehari-hari. Tapi, jika Anda ingin menyimpan dalam waktu yang cukup lama, usahakan untuk menyimpannya di dalam plastik. Pastikan plastik yang digunakan baru dan diikat dengan serapat mungkin.

Ladies, itulah tips praktis menggoreng bawang goreng agar renyah dan bisa disimpan dalam waktu yang lama. Selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat. :)

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading