Sukses

Lifestyle

4 Tips Jitu Menggoreng Ikan Agar Minyak Tidak Meletup

Bagi ibu-ibu memasak adalah hal yang menyenangkan. Menyajikan makanan favorit keluarga tercinta adalah suatu kepuasan tersendiri. Namun seringkali Anda pasti merasa malas untuk menggoreng ikan karena minyak yang sering meletup bukan? Well, jangan khawatir karena Vemale punya tips jitu menggoreng ikan dengan aman bebas letupan minyak.

Minyak memang sering meletup saat digunakan untuk menggoreng ikan. Ini bisa menyakiti kulit jika sampai terkena oleh minyak panas. Untuk mencegahnya terjadi simak deretan tips jitunya di halaman-halaman berikut ini yuk Ladies.

(vem/ivy)

Banyaknya Minyak

Jumlah atau banyaknya minyak untuk menggoreng ternyata sangat berpengaruh Ladies. Anda harus memperhatikan betul banyak minyak yang akan digunakan untuk menggoreng. Hindari menuangkan minyak lebih dari sepertiga ukuran penggorengan.

Minyak akan naik ke permukaan karena dipicu oleh suhu yang panas. Semakin banyak jumlah minyak maka akan semakin mudah pula menguap. Tuang minyak secukupnya saja untuk menggoreng ya Ladies.

Suhu Panas

Ternyata menjaga suhu minyak sangatlah penting agar tak sampai meletup Ladies. Menggoreng ternyata bisa lebih aman jika Anda menggunakan minyak yang memiliki titik didih tinggi seperti misalnya sunflower oil atau vegetable oil. Namun, jika Anda hanya mempunyai minyak goreng biasa maka Anda harus senantiasa menjaga suhu panasnya.

Saat suhu kompor terlalu panas maka api akan bisa menyambar penggorengan. Cara mudahnya agar minyak tak menyiprat saat menggoreng adalah dengan memanaskan dengan api besar pada awalnya lalu stabilkan panasnya dengan memindah ke mode api kecil atau sedang sesuai dengan kebutuhan.

Ukuran Bahan

Sebaiknya memang Anda mempertimbangkan ukuran bahan yang akan digoreng saat memasaknya. Semakin penuh penggorengan, maka uhu minyak akan semakin turun. Jika suhu minyak rendah, maka proses menggoreng akan semakin lama, selain itu minyak juga akan diserap oleh bahan.

Sesuaikan jumlah bahan yang akan digoreng ya Ladies, karena memasukkan semua bahan ke dalam penggorengan tidak akan mempercepat waktu memasak.

Trik Mengurangi Letupan

Lapisi penggorengan atau wajan Anda dengan daun pisang saat menggoreng ikan. Anda juga bisa mencoba meneteskan jeruk nipis pada minyak sebelum digunakan untuk menggoreng ikan.

Dua cara ini dianggap bisa meminimalisir cipratan atau letupan minyak saat menggoreng ikan. Selamat mencoba ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading