Sukses

Lifestyle

Tips Memasak Cuko Pempek Palembang Yang Kental, Pedas, dan Lezat

Siapa yang tak kenal akan makanan pempek asli Palembang yang sangat lezat dan gurih? Mayoritas masyarakat Indonesia sangat suka mengonsumsi makanan khas ini karena rasanya yang memang lezat. Pempek pun tak akan lengkap jika tidak dilengkapi dengan cuko.

Cuko merupakan saus dari pempek yang terbuat dari air, gula merah, ebi, cabai rawit tumbuk, bawang putih, dan garam. Cuko dibuat pedas untuk menambah nafsu makan. Bagi Anda yang ingin membuat sendiri cuko pempek yang lezat dan kental, Vemale akan mencoba menghadirkan satu tips dapurnya hanya untuk Anda.

  • Jika Anda ingin cuko terasa lebih lezat dan bumbu lebih meresap ulek campuran cabai dan bawang putih sehari sebelum memasak cuko.
  • Jika Anda tak terlalu gemar mengonsumsi cuko yang terlalu pedas maka ada baiknya cabai dibiarkan  terpisah dan tidak dicampurkan dengan cuko. Anda bisa mencampurkannya saat akan menyantap cuko sehingga tingkat kepedasannya bisa disesuaikan.
  • Pilihlah gula batok atau gula merah yang tidak berbau sangit agar adonan cuko tidak terasa pahit.
  • Untuk membuat aroma ebi tetap muncul Anda juga bisa mencampurkannya saat akan menyantap pempek.
  • Untuk membuat cuko yang sedap dan beraroma maka Anda bisa menyimpan cuko sehari sebelum menghidangkannya bersama pempek.


Tahukah Anda bahwa selain menambah nafsu makan cuko juga dapat melindungi gigi dari karies? Ini karena dalam 1 liter larutan cuko mengandung 9-13 ppm fluor yang akan melindungi gigi Anda. Selamat memasak ya Ladies dan nantikan selalu tips-tips memasak lainnya hanya di Vemale.com.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading