Sukses

Food

4 Tips Membuat Ketupat yang Empuk dan Tahan Lama

Fimela.com, Jakarta Ketupat biasanya dibuat untuk menyambut atau merayakan Lebaran. Namun, ketupat juga bisa dibuat sehari-hari untuk dinikmati bersama ragam sayur dan menu lainnya. Kita pun bisa membuat ketupat sendiri yang empuk dan tahan lama.

Memasak ketupat memang perlu cara dan tekniknya sendiri. Selain pemilihan janur dan beras yang baik, kita juga perlu memperhatikan cara merebusnya. Untuk membuat ketupat cepat empuk dan enak, yuk ikuti tipsnya di bawah ini, Sahabat Fimela.

 

1. Beras Direndam Lebih Dulu

Beras yang akan digunakan untuk ketupat sebaiknya direndam selama 30 menit lalu ditiriskan. Jika kamu menggunakan beras pulen, isikan 2/3 bagian saja pada selongsong ketupat. Kalau berasnya sedikit pera, isikan 1/3 bagiannya saja.

2. Rebus Selama 4-5 Jam jika Pakai Panci Biasa

Kalau kamu menggunakan panci biasa, pilih panci besar. Kemudian isi air dan masak hingga air mendidih. Baru setelah itu, masukkan ketupat yang sudah diisi beras. Kalau air menyusut, tambahkan lagi air mendidih supaya suhunya tetap stabil.

Dengan cara ini, kamu bisa butuh waktu 4-5 jam sampai ketupat benar-benar empuk dan masak. Setelah ketupat matang, tiriskan lalu angin-anginkan terlebih dahulu supaya ketupat lebih tahan lama.

3. Rebus Selama 1 Jam jika Pakai Panci Presto

Siapkan panci presto yang sudah diisi air. Pastikan ketupat berisi beras yang dimasukkan bisa terendam sempurna di dalam air. Kemudian masak hingga mendidih (ditandai dengan bunyi nyaring yang keluar dari panci presto). Kecilkan api, kemudian biarkan masak lagi selama 1 jam dengan api sedang.

Sebelum membuka tutup panci presto, keluarkan uap dari panci presto. Caranya? Mudah sekali kok, kamu tinggal mengganjal besi yang ada di tutup panci menggunakan sendok atau benda lainnya. Setelah uap sudah keluar semua, buka tutup panci. Ambil ketupatnya, tiriskan lalu gantung atau angin-anginkan hingga dingin.

4. Hangatkan dengan Cara Dikukus

Kita bisa menyimpan ketupat dalam kulkas dengan membungkusnya menggunakan plastik terlebih dahulu. Untuk menghangatkannya kembali, kamu bisa mengukusnya (jangan direbus, ya Sahabat Fimela). Ketupat yang masih utuh lebih tahan lama dibandingkan ketupat yang sudah dipotong.

 

Bagaimana, Sahabat Fimela? Apakah kamu sudah siap untuk menyambut lebaran dengan hidangan ketupat lezat? Selamat memasak!

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading